Tips dari Keselamatan Penggunaan Kompor Gas dan Tabung Gas yang Aman

Keselamatan dan keamanan dalam penggunaan alat memasak tersebut memang sangat perlu untuk di ketahui semua orang .apalagi setiap hari kita menggunakan kompor gas maupun tabung gas untuk memasak maupun untuk kebutuhan yang lainnya .alat tersebut merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk memasak. Terkadang pada saat sekarang ini masih banyak terdapat seseorang yang masih takut dalam penggunaan kompor gas maupun tabung gas.

Jika penggunaan tentang keselamatan di taati semua hal tentang efek buruk dari meledaknya atau kebakaran akan sirna.apalagi penggunaan kompor dan tabung untuk saat ini sangatlah penting.,di saat semua bahan bakar minyak sudah mahal.keperluan untuk kompor dan tabung tersebut banyak manfaatnya untuk sebagian orang pada umumnya.

Sehingga penggunaan kompor dan tabung tersebut dapat di gunakan sehari hari.

Adapun tentang tata cara penggunaan kompor dan tabung gas tersebut sebagai berikut:

sebelum kita menggunakan kompor tersebut alangkah baiknya kita cek dulu selang pada kompor yang menuju regulator pada tabung tersebut.

Selang yang baik adalah dengan bahan kualitas terbaik , ukuran dari diameter tersebut pas dan tidak longgar.

Apabila terjadi kelonggaran bisa membahayakan untuk pengguna.karena sifat dari zat gas yang menempati ruangan.

Ikuti petunjuk keselamatan dari pertamina.Pergunakan regulator ,selang dari pertamina dengan standard keamanan dan keselamatan yang telah di tentukan

Apabila selang tersebut sudah aus segeralah untuk menggantinya

Periksalah keadaan lubang dari nyala api tersebut , tersumbat dengan kotoran apa tidak,jika tersumbat segeralah di bersihkan.

Jauhkan tabung dari sumber api

Periksalah keadaan tabung gas tersebut, mulai dari las pada tabungnya.jika terjadi las yang keropos segeralah minta ganti ,karena bisa bahaya apabila las tersebut bocor yang bisa mengakibatkan meledak atau kebakaran

Periksalah kualitas dari tabung tersebut dengan standard dari pertamina

Periksalah isi tabung sesuai dengan ukurannya , karena banyak terjadi kecurangan kecurangan.

Matikan kompor setelah di pakai dan cabut regulator pada tabung tersebut

Cek lagi setelah mematikan kompor yang dikhawatirkan ada sisa gas pada selang tersebut dengan cara menyalakan lagi,setelah itu baru di matikan lagi.

Jangan meninggalkan masakan pada saat memasak, karena banyak kejadian memasak yang di tinggal sehingga mengakibatkan kebakaran .

Jika semua tersebut di taati keselamatan penggunaan kompor dan tabung tersebut akan aman.karena semuanya tersebut butuh pengetahuan tentang tata cara penggunaan yang aman dan baik.keselamatan tersebut merupakan aspek aspek yang paling utama dalam segala hal baik untuk sendiri maupun untuk orang lain.karena itu pentingnya menyadari tentang arti keselamatan kerja .

Banyak yang terjadi peledakan maupun kebakaran di karenakan kurangnya kesadaran tentang keselamatan kerja.baik dari kualitas bahannya maupun human error, karena banyak yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan menghiraukan keselamatan konsumen.itulah beberapa tips yang saya tahu ,semoga bermanfaat.

Post a Comment for " Tips dari Keselamatan Penggunaan Kompor Gas dan Tabung Gas yang Aman"