Kerajinan Tangan dari Bahan Mote Beserta Cara Pembuatannya

Industri kerajinan yang ada di negeri indonesia ini beraneka macam ragam jenisnya.karena keberagaman tersebut .industri kerajinan tangan tersebut mampu membantu ekonomi dari warga sekitar.dengan pembelajaran yang serius serta ulet dan trampil agar dapat berdikari sendiri. pelatihan pelatihan untuk membuat kerajinan tangan tersebut biasanya di ikuti oleh anak anak muda yang ingin berdikari sendiri.adapun kerajinan kerajinan yang ada saat ini antara lain

Kerajinan tangan yang banyak di gunakan dengan berbagai macam cara serta bahan yang di pakai .salah satu bahan yang akan di bahas kali ini adalah bahan dari mote. Bahan tersebut seperti bentuk mutiara dan berwarna warni modelnya.bahan mote ini biasa di jual di toko konveksi atau yang menyediakan peralatan untuk menjahit.

Bahan dari mote ini dapat di gunakan dengan berbagai macam kerajinan tangan .di antaranya dapat di buat sebagai kerajinan tangan pembuatan tasbih , pembuatan accecories, maupun tas untuk berpergian. tingkat kerumitan dari kerajinan tangan tersebut bermacam macam.

Dari tingkat yang paling rumit maupun paling mudah. Untuk pembuatan tasbih sangat mudah pembuatannya ,hanya dengan menyusupkan mote tersebut ke dalam benang yang akan di jadikan tasbih kemudian di susun berdasarkan jumlahnya.kalau pembuatan accecories membutuhkan ketelitian serta keuletan dan kesabaran, karena kerajinan tersebut seperti menganyam dan proses dari pembuatannya.bertahap tahap

Salah satu proses pembuatan dan bahan untuk mote antara lain sebagai berikut : senar yang berdiameter kecil dan berdiameter tebal mote yang berbentuk lonjong,bundar ,segi empat dan lain lain gunting jangan menggunakan senar yang sudah terpakai ,karena nanti hasil kerajinan tersebut akan menghasilkan jelek dan tidak bagus

Hasil dari kerajinan tersebut dapat di jual ke berbagai daerah dengan kualitas yang bagus dari para perajin tersebut..contoh hasil dari kerajinan mote berbentuk binatang sebagai berikut:

Adapun kegunaan yang lain yaitu untuk membuat tas.pembuatan tas tersebut juga sangat rumit , karena dua kali prosesnya.untuk tahapan yang pertama dengan cara menganyam . bahan yang di gunakan di sesuaikan dengan kreatifitas perajin dan tingkat menariknya model tas tersebut.keunikan dari model tas tersebut dapat meningkatkan mutu jual dari kerajinan tangan tersebut.

Apalagi kerajinan tersebut , berbahan unik dan model yang menarik.keunikan tersebut dapat mendorong penjualan hasil dari kerajinan tangan tersebut.tahap yang kedua adalah membuat furing dari hasil pembuatan tas tersebut.untuk pembuatan furing tersebut membutuhkan ketelitian dan ketekunan.serta pembuatan yang extra hati hati , karena kalau salah menjahit bisa putus semua senar tadi yang sudah di anyam.hasil dari pembuatan tas mote tersebut sebagai berikut.

Selain pembuatan yang lainnya , mote tersebut juga bisa di buat gantungan kunci . modelnya di sesuaikan dengan kemampuan perajin mote.kerajinan tangan dari bahan mote ini masih banyak kegunaan yang lainnya .serta bisa menjadi bernilai jual yang tinggi .biasanya harga jual di sesuaikan dengan tingkat kesulitan tersebut. Berhasilnya seseorang dalam mengembangkan usaha kerajinan tersebut karena kesabaran ,ketrampilan ,ketekunan ,keuletan .tanpa itu semua mustahil bagi seseorang yang ingin berkarya dan menghasilkan karya yang berkualitas.

Post a Comment for "Kerajinan Tangan dari Bahan Mote Beserta Cara Pembuatannya"