Macam Macam Gangguan yang Sering Terjadi Pada Karburator dan kelengkapannya

Setiap karbuarator yang terdapat pada mesin kendaraan bermotor selalu menghadapi permasalahan yang berganti ganti.di mulai dari karburator maupun alat kelengkapan dari karburator tersebut. Biasa yang sering di alami antara lain bensin tidak mau turun atau saluran bensin terhalang dengan kotoran kotoran

Adapun salah satu gangguan sering terjadi antara lain :

1, Bensin karburator meluap:hal ini bisa terjadi karena pemakaian bahan bakar bensin yang boros dan karburator akan memberikan campuran bahan bakar gas yang pekat dan karena terjadi ledakan ledakan pada knalpot.jika terjadi seperti itu putaran motor akan memberikan suara yang berketok ketok ketika motor mulai menarik kendaraan. Akibatnya saluran buang atau manifold akan membentuk jelaga arang yang membekas

A.Untuk gangguan seperti biasanya di sebabkan antara lain sebagai berikut :

Keadaaan pelampung tidak main di dalam ruang pelampung

jarum pada pelampung rumahnya sudah aus

Permukaan bensin yang terlampau tinggi di dalam ruangan pelampung

- Pelampung mengalami kebocoran

2. Karburator memberikan campuran bahan bakar gas yang terlampau pekat :

Kondisi tersebut dapat mengakibatkan motor setelah di hidupkan akan menjadi panas dan motor mendadak berhenti .

B.Penyebab gangguan ini biasanya di sebabkan sebagai berikut :

Permukaan dari bensain di dalam ruang pelampung terlampau tinggi di karenakan posisi pelampung tidak tepat

Knop Cuk pada motor masih tertarik dan tidak di kembalikan pada posisi semula

Lubang dari spruyer stasioner terlampau besar dan tidak sesuai

terhalangnya udara dalam stasioner oleh baut baut pengatur stasioner [ baut pengatur stasioner di putar sedikit] ataupun pada saluran tersebut terdapat kotoran yang menghalangi saluran udara tersebut

Motor berputar dan stasioner tersendat sendat , ini biasanya di sebabkan sebagai berikut :

Lubang dari sproyer stasioner terlampau besar

Masuknya udara ke lubang saluran stasioner yang terhalang oleh bau baut pengatur stasioner [biasanya baut pengatur stasioner di putar keluar sedikit]

Spruyer terlepas atau longgar bergerak jalannya kendaraan tidak beraturan atau tidak teratur

Gangguan gangguan seperti ini biasanya di sebabkan sebagai berikut : kotornya saringan udara pada karburator terlalu besar lubang utama pada spruyer tidak cukupnya sistem kompensasi pada udara longgar atau terlepasnya spruyer pada kedudukan yang semestinya

permukaan bensin pada ruang pelampung terlampau tinggi bocornya pengapung

Penyebab terjadinya ledakan di dalam knalpot,pemakaian bensin terlampau boros , suara motor berketuk ketuk ketika mulai menarik kendaraan , saluran buang dan busi terdapat jelaga jelaga.

penyebab yang sering terjadi di karenakan sebagai berikut :

kotornya saringan udara pada karburator pemancar pemancar kompensasi tertutup oleh kotoran kotoran

masuknya udara ke lubang saluran stasioner yang terhalang oleh baut baut pengatur stasioner

lubang pada spruyer udara terlampau besar atau longgar

terlampau kecilnya lubang lubang pada sproyer kompensasi

sproyer dalam keadaan longgar

terlampau kecil permukaan bensin pada ruang pelampung

keadaan pengapung bocor

3.karburator memberikan campuran bahan bakar gas yang terlampau kurus

Keadaan seperti itu biasanya di sebabkan :

a.motor sangat sukar di hidupkan.gangguan seperti ini penyebabnya:

tersumbatnya saluran saluran pada spruyer

terlampau kecil lubang dari stasioner

terlampau rendah permukaan bensin di dalam ruang pelampung

keadaan karburator yang sudah bocor

b. motor yang dingin di hidupkan , kemudian berhenti lagi

gangguan gangguan seperti ini biasanya terjadi pada bagian bagian sebagai berikut :

lubang dari pemancar stasioner terlampau kecil

masuknya udara ke dalam saluran stasioner terlampau lebar

pemancar stasioner atau saluran stasioner tersumbat karena kotoran

saluran bensin atau saringan bensin di dalam tangki kotor atau penuh dengan kotoran

Tercampurnya bensin dengan air

lubang saluran udara tangki bensin tertutup

terlampau rendahnya permukaan bensin di dalam ruangan pengapung

c. Motor berputar stasioner tidak teratur dan meloncat loncat

gangguan seperti ini di sebabkan sebagai berikut :

lubang spruyer terlampau kecil

masuknya udara ke dalam saluran stasioner terlampau lebar,hal seperti ini baut pengatur stasioner di putar ke dalam sedikit kotornya saluran lubang spruyer stasioner

d. motor berputar tidak teratur atau meloncat loncat ,ketika kendaraan berjalan ataupun motor berhenti ketika kendaraan sedang jalan. Gangguan seperti ini penyebabnya ;

tersumbatnya saluran bensin pada karburator

-tercampurnya bensin dengan air

- tertutupnya saluran lubang tangki bensin oleh kotoran

-permukaan bensin di dalam ruang pelampung terlampau rendah terdapat air di dalam karburator

- tersumbatnya sebagian saluran bensin di dalam karburator karburator kotor

e. tarikan dari motor kurang sempurna motor menjadi terlampau panas terdapat ledakan ledakan pada saluran masuk atau pada karburator

- kecilnya lubang spruyer stasioner

masuknya udara ke pemancar stasioner terlampau lebar

- tertutupnya sebagian saluran stasioner atau spruyer stasioner oleh kotoran

- saluran bensin atau saringan bensin sebagian tersumbat oleh kotoran tercampurnya bensin dengan air

- terlampau rendahnya permukaan bensin pada ruang pelampung

- lubang spruyer utama kurang kecil

- terlampau besar lubang spruyer kompensasi

- di dalam karburator terdapat air dan saluran udara bocor

- terlalu banyak sistem kompensasi udaranya

Itulah sedikit banyaknya macam macam gangguan yang biasa terjadi pada kendaraan motor dan cara mengatasinya.jika perawatan teratur kendaraan bermotor akan awet dan tidak gampang rusak

Post a Comment for " Macam Macam Gangguan yang Sering Terjadi Pada Karburator dan kelengkapannya"