Macam macam Pompa Bensin pada Kendaraan Bermotor dan Rinciannya

Pompa bensin pada kendaraan bermotor sangat berguna sekali antara lain untuk menaikkan atau memompakan bensin dari tangki bensin ke karburator dengan jumlah yang sesuai bagi kebutuhan karburator.

Pada saat kendaraan bermotor hidup kebutuhan bensin untuk pada saat pembakaran berbeda beda ,semua tergantung dari kerja motor tersebut.bila kendaraan bermotor dalam kecepatan penuh atau dengan beban yang berat maka bensin yang yang di butuhkan juga sangat banyak.untuk pengisian bensin dari tangki dan memompakannya ke karburator di kerjakan dengan sebuah membran

Macam macamnya pompa bensin pada kendaraan bermotor di bedakan menjadi dua antara lain sebagai berikut :

  1. Pompa bensin mekanik
  2. Pompa bensin Listrik

Jenis dari pompa bensin keduanya sangat berbeda beda dan cara kerjanya juga beda.nuntuk keterangan lanjutan tentang pompa sebagai berikut:

Pompa bensin mekanik

Pompa bensin seperti ini merupakan jenis yang lebih banyak di gunakan pada setiap kendaraan bermotor.jenis seperti ini pemasangannya pada bagian samping dari blok silinder .pompa seperti ini mempunyai membran {diafrahma] yang di gerakkan oleh sebuah tuas ungkit yang di kunci pada poros bubungan

Untuk itu ruang atas pada diafrahma yang mengalami pergerakan akan mengalami pembesaran maupun pengecilan.pada saat volume membesar ,katup isap tersebut akan terbuka dan pada saat volume mengecil, katup tekan tersebut akan terbuka [dan sebaliknya katup isap akan tertutup]

Apabila bensin dalam ruang pelampung sudah mencukupi,.dan diafrahma dalam kedudukan terendah pegas tidak akan mampu mengembalikan diafrahma kembali ke posisi semula.di karenakan jarum pelampung mengalami penutupan .pada saat itu tugas membran selain memompakan bensin juga di manfaatkan untuk membuat ruang volume.

Ketika dari pompa bensin bahan bakar nanti akan mengalir ke karburator.karena motor bensin nantinya akan menghisap campuran udara dan bensin pada karburator.lewat spruyer bensin dari ruang pelampung akan masuk ke venturi, di mana berlangsungnya percampuran ruang pelampung di isi bensin oleh pompa untuk mempertahankan agar permukaan tinggi bensin tetap.meluapnya bensin nanti di cegah oleh pelampung, yang menutup bensin bila tinggi permukaan telah di capai

Besarnya tekanan pada pompa bensin biasanya di gunakan untuk mendesak bensin ke dalam karburator [fuel pressure]dapat di ukur dengan meteran kompresi [compressie meter] biasanya besarnya tekanan juga tergantung pada jenis motor Pompa bensin listrik

Pada pompa bensin jenis listrik ini bila saklar [ switch] di hubungkan maka aliran listrik dari bateray akan mengalir melalui saklar dan menuju plat kontak pemutus.kontak tetap ke gulungan kawat dari magnit listrik menuju masa .

Selama aliran listrik dapat mengalir ke gulungan kawat segera gulungan kawat akan menjadi magnit dan dapat menarik plat jangkar turun ke bawah. Plat jangkar akan menarik tuas membran turun ke bawah dan membran bergerak dari atas ke bawah.gerakan membran dan tuas membran turun ke bawah yang akan mengakibatkan ujung tuas membran akan mendorong pelat kontak ke bawah

Sehingga kontak tidak mengadakan hubungan , maka aliran listrik bateray tidak dapat mengalir menuju gulungan kawat dan gulungan kawat tidak akan mengakibatkan terjadinya magnit listrik.pegas membran mendorong membrannya ke atas dan merupakan suatu gerakan pendesakan bensin dan menuju ke karburator supaya ada aliran bensin.dengan demikian kegunaan dan manfaat dari peranan pompa bensin pada kendaraan bermotor sangat penting dan vital.

Post a Comment for "Macam macam Pompa Bensin pada Kendaraan Bermotor dan Rinciannya "