Macam macam wisata Kuliner yang Ada di Kota Kudus Serta Ciri Khas dari Masakannya

Kota Kudus merupakan penghasil dari berbagai macam kerajinan yang ada.selain itu juga terkenal dengan kota kretek maupun kota santri.begitu juga dengan adanya wisata kuliner yang ada di kota kudus ini. Mulai dari masakan tradisional maupun masakan modern yang kini bersaing dengan masakan tradisional.akan tetapi untuk masakan tradisional masih tetap bertahan di kota kudus ini .wisata kuliner yang ada di kota kudus ini mem punyai berbagai macam karakter dalam penyajian masakan. Mulai dari tempatnya, cara penyajiannya ,lokasinya yang unik dan lain lainnya.

Wisata kuliner yang ada di kota kudus juga berpengaruh pada lingkungan sekitar, terutama pada sektor ekonomi rakyat kecil.antara lain dapat meningkatnya taraf hidup warga yang setiap hari membutuhkan biaya hidup yang sangat tinggi untuk saat ini.dengan demikian manfaat dari adanya wisata kuliner di kota kudus sangat banyak manfaatnya.

Adapun wisata kuliner yang ada di kota kudus antara lain sebagai berikut :

  1. Rumah makan Sari Rasa {ciri khas masakan garang asem] Lokasi dari rumah makan ini berada di jl.AKBP.R.Agil Kusumadya .menu yang di tawarkan dari rumah makan ini adalah Garang asem,.
  2. Masakan garang asem ini sudah terkenal di berbagai daerah bahkan kabarnya sudah sampai ke luar negeri.rumah makan ini warisan dari turun temurun orang tua yang sudah lama berdiri.masakan garang asem dari rumah makan ini spesialis tersendiri dari ciri khas rumah makan sari rasa .tempat rumah makan ini sangat luas untuk lahan parkirnya , bisa untuk menampung banyak kendaraan .selain itu untuk fasilitas umumnya juga sangat memadai.
  3. Rumah makan Ulam sari [masakan sea food ] Lokasi berada di desa getas pejaten ,akses dekat jl raya dan sangat mudah di temukan.ciri khas dari masakan ini terkenal dengan masakan sea food dan juga masakan nasi gorengnya ala sea food.lokasinya untuk rumah makan ini sangat unik ,karena bertemakan joglo seperti adat rumah orang jawa pada umumnya.lokasi untuk lahan parkir sangat luas serta fasilitas umum yang sudah memenuhi syarat .tempat penyajian dari rumah makan ini menggunakan cara lesehan dan di sekitarnya terdapat kolam serta penghijauan dari berbagai tanaman hias maupun tanaman pot
  4. Rumah makan Dunak Iwak Pitik [ciri khas ayam goreng maupun bakar] Lokasi berada di jl.Akbp.R Agil kusumadya,tepatnya berada di pinggir jl raya dan aksesnya sangat mudah untuk di temukan.ciri khas dari masakannya adalah serba macam macam masakan ayam.salah satunya masakan ayam goreng maupun ayam bakar.lokasi rumah makannya sangat luas serta mempunyai fasilitas umum yang komplit. Lahan parkir juga aman dan nyaman.selain itu runah makan ini menyajikan masakan dengan adat tradisional dari jawa.
  5. Rumah makan Soto ayam Pak Denuh [ciri khas masakan soto] lokasi berada di jl.AKBP.R.Agil Kusumadya dan berada di area jalur lambat dari sepeda motor.rumah makan ini sudah berdiri lama dan warisan turun temurun kepemilikannya.lahan parkir yang tidak terlalu luas tak membuat rumah makan ini sepi dari pengunjung.ciri khas dari rumah makan ini Soto ayam dengan ciri khas tertentu.memiliki karyawan yang pandai dalam memasak spesialis soto ayam.rumah makan ini juga mempunyai cabang yang lainnya.cabang dari rumah makan ini sudah tersebar di area sekitar kota kudus.
  6. Rumah makan How Jek Kuliner [ciri khas masakan jowo food maupun chines food]
    Lokasi rumah makan ini berada di getas pejaten atau tepatnya di belakang kantor DPRD kabupaten kota Kudus.ciri khas masakan dari rumah makan ini adalah masakan jowo koedoes food maupun chino koedoes food..masakan untuk jowo food antara lain : semur kutuk , gulai kepala ikan , aneka pepes , aneka sayur dan lain lain. Untuk masakan china food antara lain :cap cay , minuman khas How jek dan lain lain. Lokasi parkirnya tak terlalu luas.tipe rumah makan tersebut sederhana dan banyak pepohonan di sekitar yang membuat suasana sejuk dan rindang
  7. Rumah Makan lombok Idjo [ ciri khas lombok idjo] Lokasi berada di jl AKBP R. Agil kusumadya , dekat dengan perusahaan kertas maupun dekat dengan perkantoran yang lain.ciri khas dari masakan ini berwarna hijau atau lebih tepatnya pakai lombok idjo. Masakan penyet yang ada di rumah makan ini berwarna hijau sesuai dengan temanya..mempunyai lahan parkir yang luas. Merupakan cabang baru dari rumah makan yang ada di kota semarang.tempat penyajian masakan ini mempunyai dua jenis , bisa dengan lesehan maupun pakai meja bundar.(untuk saat ini rumah makan sudah tutup)
  8. Rumah makan Soto Karso Karsi [ ciri khas soto ayam } Lokasi berada di jl AKBP.R.Agil kusumadya berdekatan dengan rumah makan dunak iwak pitik.menu yang di tawarkan merupakan masakan khas soto ayam dari rumah makan ini.tempat rumah makannya bertemakan elegan dan modern.banyak pernak pernik menghiasi tampilan dari rumah makan ini.
  9. Rumah makan Soto Ayam Bu Jatmi [ ciri khas Soto Ayam } Lokasi rumah makan ini berada di desa panjunan kota kudus. Ciri khas masakan soto ayam bu jatmi ini terdapat pada kuahnya yang sangat kental.lokasi parkirnya tidak terlalu luas , akan tetapi sangat ramai pengunjungnya.selain itu juga mempunyai cabang yang berada di desa getas pejaten.sudah berjualan sejak puluhan tahun yang lalu. Usaha ini berkembang pesat sampai dengan sekarang.
  10. Lentog Tanjung Lokasi berada di desa tanjung karang,dekat dengan akses jalan lingkar kudus pati. Mempunyai komunitas sendiri atau lebih jelasnya berada satu kompleks dengan penjual lentog tanjung yang lainnya. Masakan lentog tanjung ini dapat di temui setiap pagi hari .apabila anda mau menikmati kuliner ini harus sekitar pagi sampai dengan siang hari.isi dari masakan lentog ini berupa ;lontong,tahu ,lodeh tewel dan terdapat santal kental yang membalut masakannya,serta ada taburan brambang goreng di atasnya.
  11. Taman Bojana [ Pusatnya berbagai macam kuliner] Lokasi ini berada di dekat alun alun kabupaten kota kudus. Serta akses mudah di temukan . selain itu banyak sekali kuliner kuliner dari berbagai macam masakan berada di tempat ini .dari masakan tradisional maupun masakan modern.untuk mencapai lokasi dari central kuliner ini tidaklah sulit karena berada di dekat jantungnya kota kudus.bila pada pagi hari lokasi central kuliner tersebut padat dengan para penikmat kuliner dari berbagai daerah.dengan adanya central kuliner tersebut membantu pemasukan daerah maupun membantu warga sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Wisata kuliner yang ada di kota kudus,kebanyakan berada di dekat perkotaan.juga mempunyai satu tempat khusus untuk kuliner kuliner dari berbagai macam menu dan cara penyajian. itulah sedikit banyaknya wisata kuliner yang saya tahu. Untuk yang lainnya masih banyak dan perlu nantinya untuk di ketahui juga.karena kota kudus ini menyimpan berbagai macam masakan tradisional yang masih perlu pengenalan dan di ketahui nantinya

Post a Comment for "Macam macam wisata Kuliner yang Ada di Kota Kudus Serta Ciri Khas dari Masakannya"