Macam macam Alat yang di Perlukan Dalam Membongkar Karburator dan Langkah langkah yang perlu di perhatikan

Sebagai alat kelengkapan mesin,karburator merupakan salah satu komponen yang paling utama dalam mendukung kinerja mesin .dalam proses pembongkaran karburator harus di lakukan dengan teliti dan cermat. untuk pembongkaran karburator kita pasti membutuhkan alat alat yang kita perlukan guna untuk mendukung kerja tersebut.

agar cepat dalam bekerja alat alat tersebut harus kita persiapkan.beberapa alat alat yang di perlukan antara lain:

Kunci kunci pas,Obeng obeng yang di perlukan,Tang Tang,Palu Plastik,Bensin,Mistar Ingsut,Kain pembersih

Sebelum kita membongkar karburator ada langkah langkah yang harus kita perhatikan,karena sangat penting

adapun langkah langkah tersebut antara lain sebagai berikut:

  • 1.Kita harus melepaskan hubungan antara saluran masuk dengan saluran buang dengan cara melepas tali pengikat tersebut
  • 2.kita lepaskan baut baut yangmengikat pada body
  • 3 . keluarkanlah karburator tersebut.
  • 4. Lepaslah karburator pada bagian atas dan pada bagian bawah
  • 5. Bongkarlah bagian bagian pada karburator antara lain :
  • Tutup pada karburator[tutup katup gas]
  • katup gas
  • Jarum spruyer
  • sekrup pengatur udara
  • sekrup penahan katup gas
  • Bak pelampung
  • pelampung
  • katup jarum atau jarum pelampung
  • dudukan katup
  • spruyer utama
  • spruyer stasioner

6. Cucilah karburator tersebut beserta bagian bagian yang yang telah di tentukan .kalau masih ada kotoran kotoran yang melekat pada spruyer atau lubang lubang saluran . jangan sekali kali menggunakan kawat atau benda benda keras lainnya .apabila terejadi goresan goresan/cacat pada spruyer atau saluran saluran tersebut dan dapat mempengaruhi dalam pengaliran bahan bakar.

7. kemudian tiuplah spruyer dan lubang lubang saluran tersebut dengan menggunakan tekanan udara dari kompresor ,agar kotoran kotoran dapat benar benar keluar

8.periksalah bagian bagian tersebut ,kemungkinan pada bagian bagian yang telah aus sehingga memerlukan penggantian .apabila dalam mengganti jarum pelampung atau dudukannya [valveseat].untuk itu gantilah kedua bagian tersebut bersama sama sebagai suatu kesatuan untuk menghindari kebocoran.

9.pasang kembali spruyer dari pelampungnya , kemudian periksa kembali ketinggian permukaan pelampung [posisi pelampung menentukan tinggi rendahnya permukaan bahan bakar di dalam karburator] karena dengan adanya keausan pada jarum pelampung atau terbengkoknya lengan pelampung pada waktu melakukan pembongkaran,dapat merubah tinggi rendahnya posisi pelampung.

Cara mengukurnya dengan cara membalikkan jalan karburator dan di ukur mulai dari puncak pelampung sampai dengan dudukan gasket tempat bak pelampung[gasketnya di lepas].

10. pada saat melakukan pengukuran jangan sampai menekan jarum pelampung yang berpegas [spring load]di karenakan pegas tersebut mendapat tekanan dari berat pelampung.mirip dalam kondisi kerja.. untuk memperbaiki tinggi permukaan dapat di tempuh dengan jalan membengkokkan batang penekan jarum pelampung.sesuai dengan kebutuhan.

Bila nantinya tinggi permukaan bahan bakar di dalam ruangan pelampung rendah maka campuran bahan bakar dan udara akan kurus.demikian juga sebaliknya bila permukaan bahan bakar dalam pelampung tinggi ,maka campuran bertambah gemuk.

Tinggi permukaan bahan bakar di dalam ruang pelampung telah di perhitungkanberdasarkan rancangan karburator oleh pabrik.jadi jangan sekali kali merubah ketentuan tinggi dari pelampung hanya karena ingin merubah/memperbaiki daya mesin,tetapi carilah pada bagian bagian mesin lainnya yang berhubungan dengan daya mesin.

11. letakkan bagian yang terlepas pada tempat yang bersih.

12.bila semua sudah beres,pasang kembali bagian dari karburtor tersebut dengan teliti

Apabila dalam membongkar harap dengan teliti dan cermat dalam melakukan kegiatan tersebut.apabila salah bisa fatal nantinya

Post a Comment for " Macam macam Alat yang di Perlukan Dalam Membongkar Karburator dan Langkah langkah yang perlu di perhatikan"