Tips Mengelola Keuangan Dengan Gaji Pas pasan

Pada dasarnya kebutuhan kita untuk hidup tiap hari itu beraneka macam ragam jenisnya.dari berbagai keadaan yang tidak terduga yang akan kita alami.namun kita tidak perlu berkecil hati dengan gaji yang pas pasan untuk hidup.semua itu tergantung dari diri kita bisa apa tidak untuk mengelola maupun mengatur keuangan kita.

Untuk mengatur keuangan dan mengelolanya tidak perlu banyak ribet atau rumit rumit.yang penting kita harus konsisten terhadap apa yang telah kita terapkan terhadap program keuangan kita.apabila kita royal nantinya yang rugi kita sendiri,karena kita hidup penuh dengan halang rintang maupun ujian ,kita hidup tidak untuk hari ini saja, karena perjuangan masih panjang.

Langkah langkah yang kita harus lakukan antara lain sebagai berikut : apabila kita mendapat gaji pas pasan, kita harus mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu di banding kebutuhan yang lain. Contohnya membeli beras , lauk pauk dan lain lain.untuk lauknya kita sesuaikan dengan keuangan kita .jangan membeli sesuatu dengan melebihi kemampuan kita, yang nantinya kita yang rugi sendiri.

Kita harus dapat menyisihkan sebagian uang yang kita dapat dari bekerja .agar kita bisa penuhi kebutuhan hidup sampai dengan satu bulan penuh.kita harus menabung ¼ bagian uang kita dengan celengan dari bahan atom untuk di masukkan uang.supaya nantinya apabila ada kebutuhan yang mendadak kita bisa mengambilnya sewaktu waktu .

Kita harus dapat menyisihkan ¼ bagian uang kita untuk kebutuhan pendidikan anak anak kita. Karena pendidikan tersebut dapat memutus rantai kemiskinan.jika tanpa pendidikan orang tidak ada artinya apalagi pendidikan moral dan mental yang paling utama dalam kehidupan kita.

Jika kita pekerja pabrik pasti mendapat jaminan kesehatan dari pabrik tersebut.jika tidak kita harus ikut program kesehatan dari pemerintah dengan penyesuaian keuangan kita.

supaya nantinya apabila kita sakit parah tidak terlalu banyak beban keuangan yang kita alami, karena sudah di tanggung program kesehatan dari pemerintah

Untuk kebutuhan yang sekunder kita kelompokkan dengan kebutuhan yang tidak mendesak.apabila ada kelebihan keuangan baru bisa kita gunakan uang tersebut.

Jangan membeli barang yang tidak terlalu penting kegunaannya bagi kehidupan kita. Agar semua dapat terlaksana dengan baik kita harus konsekuen dan konsisten apa yang telah kita terapkan

Untuk pembelian rumah kita bisa ikut program dari pemerintah yaitu dengan ikut program kpr perumahan.dengan cicilan yang ringan membuat orang yang gaji pas pasan dapat terbantu kebutuhan hidupnya.jika kita masih ragu jangan dulu ikut program tersebut , yang nantinya beban tersebut akan tambah berat buat kita yang pas pasan.

Itulah tips dari saya tentang mengelola keuangan dengan gaji pas pasan yang mungkin berguna bagi siapa saja dengan cara dan ketentuan masing masing

1 comment for "Tips Mengelola Keuangan Dengan Gaji Pas pasan"