Beberapa hal yang Terjadi Karena Gangguan Pada Gasket atau Paking

A.Tenaga dan putaran kendaraan motor mengalami turun.hal sperti ini biasa terjadi kendaraan bermotor, yang di sebabkan beberapa macam gangguan antara lain sebagai berikut

  • karena kurangnya keras pada baut baut kepala silinder
  • tekanan pengerasan baut tidak kepala silinder tidak merata
  • ketika pada saat membongkar kepala silinder kendaraan motor masih panas , hal itu sangat berpengaruh
  • banyaknya permukaan kepala silinder yang tidak merata
  • gasket tersebut sudah tidak elastis

Keadaan demikian di sertai dengan tanda tanda pada kendaraan bermotor antara lain sebagai berikut :

ketika penambahan gas putaran mesin pada saat itu sulit untuk bertambah naik

terdapatnya gas bekas antara kepala silinder dengan bloknya.

terdapatnya gelembung udara /air minyak di antara kepala silinder dengan blok tersebut pada saat motor di hidupkan mengalami kesulitan

Cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai macam cara antara lain sebagai berikut :

pada saat kendaraan dingin baut baut kepala silinder di kendorkan terlebih dahulu,setelah itu di kencangkan lagi sesuai dengan ukuran yang tlah di tentukan permukaan kepala silinder di retakkan , kemudian paking di ganti dengan yang baru

B. Gangguan yang lain terjadi karena penyebab tekanan minyak tidak turun. hal seperti ini terjadi karena beberapa ganguan sebagai berikut :

  • terlalu kendor atau kurang keras baut baut antara sambungan pipa pipa pelumas
  • pemberian paking yang salah,harus di sesuaikan dengan ketahanan minyak lumas [ tidak tahan minyak lumas yang menyebabkan mudah bocor]

Hal tersebut mempunyai tanda tanda pada kendaraan bermotor antara lain sebagi berikut :

  • meteran minyak pelumas menunjukkan rendah
  • suhu atau keadaan pada minyak motor pelumasan sangat panas
  • keadaan pompa minyak yang tidak mau menghisap minyak melainkan menghisap udara tersebut.

Untuk mengatasi gangguan tersebut kita harus memperbaikinya dengan cara sebagai berikut :

ketika motor dalam keadaan dingin , baut baut yang kendor kita kencangkan lagi

kita periksa dengan teliti keadaan pakingnya mengalami kerusakan atau tidak

C. Gangguan yang terjadi karena minyak di dalam kalter bercampur dengan air. hal seperti ini juga berpengaruh pada gasket atau pakingnya ;biasanya gangguan ini terjadi karena beberapa hal antara lain :

  • terjadi pada cincin perapat antara silinder dan blok motor
  • terjadinya kebocoran antara silinder dengan blok motor [jika memakai cincin motor ]

Untuk tanda tanda kerusakan yang sering terjadi karena beberapa hal sebagai berikut :

  • bertambahnya minyak di dalam kalter kendaraan
  • motor semakin panas
  • saluran antara kalter dan udara luar terdapat asap

gangguan seperti ini memperbaikinya dengan cara motor harus di revisi besar,dengan mengganti cincin perapat semuanya [jika memakai]

D. Gangguan gasket yang terjadi karena air pada radiator terlalu panas .hal ini juga pengaruh pada gasket atau pakingnya .penyebab gangguan seperti ini antara lain sebagai berikut :

  • tidak berfungsinya paking pada pompa air
  • terlalu tebalnya paking paking pada pompa pompa air

Hal seperti ini juga mengalami tanda tanda yang di timbulkan antara lain sebagai berikut :

  • keadaan motor semakin panas
  • suhu air radiator mendidih

untuk memperbaiki gangguan tersebut biasanya kita melakukan langkah sebagai berikut :

  • baut baut yang kendor pada pompa kita kencangkan lagi sesuai dengan ukuran kekencangannya
  • paking pada pompa air kita periksa

E. Gangguan yang lain terjadi karena motor terlalu banyak menghisap udara .hal seperti ini terjadi karena paking pada saluran gas masuk mengalami kebocoran.tanda tanda yang sering timbul dengan adanya suara seperti seruling antara karburator dan kepala silinder .gangguan tersebut bisa kita perbaiki dengan merevisi total atau membongkar semuanya .

Post a Comment for "Beberapa hal yang Terjadi Karena Gangguan Pada Gasket atau Paking"