Macam Macam Makanan yang Dapat Menggantikan Nasi Sebagai Zat Karbohidrat

Dalam kehidupan sehari hari kita pasti kental dan akrab dengan namanya nasi yang merupakan makanan pokok kita.selain nasi makanan yang menandung zat karbohidrat juga banyak sekali .untuk alternatif makanan pokok selain nasi adalah jagung, singkong, ubi jalar, kentang, talas, sagu, atau pisang dengan kandungan karbohidrat berbeda-beda.makanan pengganti tersebut sering di jual di pasar pasar maupun toko toko swalayan.selain berguna sebagai pengganti nasi , di antara makanan tersebut dapat di olah sebagai makanan ringan maupun cemilan.

Untuk keterangan yang pertama adalah jenis makanan Jagung .jenis makanan Jagung dimakan sebagai bahan makanan utama di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Madura, Sulawesi. Jenis jagung tersebut berbeda beda,antara lain ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna kuning.rasanya juga ada yang manis dan ada yang hambar,tergantung dari mana asal jagung tersebut dan cara menanam,lokasi daerahnya serta pupuknya.

Untuk jagung yang telah tua dan kering, setelah ditumbuk kasar dibuat nasi jagung, yang masih agak muda dan segar direbus atau dibakar.terkadang jagung tersebut dapat di buat untuk makanan burung.selain itu terkadang jagung yang masih muda atau yang di namakan putren bias untuk di buat masakan

Nasi juga bisa dibuat dari beras jagung atau tepung jagung kasar. Menurut keterangan yang lain : beras jagung yang sudah siap olah umumnya banyak dijual di pasar tradisional, berbentuk butiran-butiran kecil seperti beras pecah.beras jagung tersebut umumnya berwarna putih dan kuning. beras jagung tersebut tergantung dari hasil penggilingan tersebut.

Terkadang juga biasa di konsumsi sehari hari sebagai makanan pokok.selain itu tepung jagung kasar dibuat dari jagung kering tua yang direndam hingga mengembang, ditiriskan, lalu ditumbuk kasar dan tanpa diayak. Hasil dari tepung jagung kasar ini bisa langsung dimasak atau dijemur hingga kering untuk disimpan

Keterangan lainnya adalah jenis makanan berupa Singkong.sebagai pengganti bahan makanan pokok, singkong/ubi kayu biasanya seing di konsumsi dan di buata aneka macama makanan ringan maupun cemilan.proses dari pembuatan makanan dari bahan tersebut antara lain dijemur terlebih dahulu sampai kering,dan di buat menjadi gaplek.

Setelah bahan tersebut ditumbuk halus, tepung gaplek dimasak menjadi “nasi” yang disebut tiwul.makanan tiwul tersebut merupakan makanan berasal dari pedesaan .proses pembuatan dari jenis makanan gaplek tersebut antara lain, di kupas singkong, lalu jemur (dalam keadaan utuh maupun setelah dibelah) hingga kering.

Dari gaplek itulah kemudian dibuat berbagai makanan.jenis gaplek yang dibiarkan tetap di udara terbuka hingga hitam berjamur (disebut gatot/gambleh),makana tersebut biasanya di sajikan untuk sarapan pagi dengan cara di potong potong dan di taburi parutan kelapa.

Cara pembuatan makanan tiwul antara lain sebagai berikut 1. kita tempatkan tepung gaplek tersebut pada tampah dan di kasih air sedikit sedikit hingga berbentuk butiran butiran 2.kita remas remas gaplek tersebut hingga terbentuklah adonan yang sesuai dan kita kehendaki 3.langkah selanjutnya yaitu dengan mengukus butiran nasi tiwul hinga masak.

Jenis Makanan tiwul tersebut bisa disajikan dan di hidangkan dengan taburan kelapa parut dan di kasih sedikit gula supaya rasanya manis.selain itu juga sebagai penganan selingan, atau sebagai makanan utama.

Bahan pengganti yang lain adalah ubi jalar..keterangan tersebut juga menyatakan bahwa makanan tersebut merupakan makanan utama di Pulau Nias dan Irian. Ubi rebus/kukus dicampur dengan lauk-pauk dan sayuran.warna dari ubi jalar tersebut kuning, putih, atau ungu. Ada yang manis legit, ada pula yang gurih.

Sebagai makanan utama, untuk memenuhi kebutuhan kalori per hari ubi jalar harus dimakan lebih banyak, karena kandungan karbohidratnya lebih rendah dibandingkan dengan nasi (hanya 27.9 gram per 100 gram ubi). Bagi Anda yang berdiet rendah kalori, sumber karbohidrat ini bisa menjadi pilihan terbaik..di di Negara barat ubi jalar diolah menjadi hidangan eksotis dengan tambahan glaze, dan disajikan untuk tamu agung. Makanan ubi tersebut sangat di gemari orang jepang khususnya ubu yang manis.

Bahan makanan yang biasa pengganti nasi adalah berupa kentang di Negara ndonesia kentang tidak lazim sebagai makanan utama.jenis makanan dari kentang tersebut di masak dengan berbagai macam cara.di eropa makanan tersebut menjadi makanan utama.beda dengan Negara kita.salah satu proses memasak dari kentang tersebut ada yang di bakar , di rebus ,di panggang, ada juga yang dibungkus kertas aluminium dulu, lalu disajikan bersama salad atau masakan lain, dingin atau panas.dulu makanan kentang tersebut tidak popular di Indonesia sehingga setelah masuknya hidangan french fries ke Indonnesia, kentang mulai popular sebagai makanan utama, baik dalam bentuk kentang goreng maupun kentang kentang bakar/panggang. Dulu makanan tersebut sebagai pelengkap

Untuk keterangan yang lain adalah Talas.umbi talas ini banyak digunakan di Irian Jaya dan Maluku sebagai makanan utama. Ada beberapa jenis talas yang biasa ditanam di Indonesia antara lain: talas bote, talas bogor (talas bentul), talas garbu yang besar umbinya, talas lumbu yang daunnya enak disayur dan tidak gatal, talas kimpul yang umbinya agak gatal tetapi enak dimakan, dan talas sente yang gatal dan tidak biasa dimakan.

Semua jenis talas mengandung getah (berberin) yang dapat menimbulkan gatal, khususnya saat masih mentah. Beberapa jenis akan hilang dengan pemasakan.cara konsumsi talas dimakan setalah direbus/dikukus, ada juga yang dipotong kecil/tipis lalu digoreng garing sebagai camilan. Sebagai makanan utama, talas direbus, dimakan utuh atau ditumbuk, lalu dibuat tetal, disajikan dengan lauk dan sayuran.

Jenis makanan lainnya adalah sagu.makanan tersebut merupakan makanan pokok di daerah Irian dan Maluku serta banyak terdapat di daerah Indonesia Timur lainnya.makanan sagu tersebu bias di buat untuk bubur sagu maupun makanan lainnya.tepung sagu ini diperoleh dari batang sagu yang masih satu hubungan dengan tanaman kelapa.terkadang pada bagian tengah batang sagu dipukul-pukul hingga hancur, lalu diperciki air dan diperas,kemudian diambil patinya. Di Maluku sagu dijual dalam bentuk tepung segar, tepung setelah dikeringkan, atau dalam bentuk kotak-kotak.

Untuk bahan makanan yang lain adalah Pisang.jenis dari pisang yang digunakan sebagai makanan pokok di antaranya pisang tanduk, pisang kapok kuning, pisang kapok putih. Pisang merupakan makanan utama di Kalimantan dan Sulawesi. Biasanya yang digunakan adalah pisang mentah yang sudah tua sehingga rasanya kenyal.itulah beberapa makanan pengganti nasi sebagai zat karbohidrat.

Post a Comment for "Macam Macam Makanan yang Dapat Menggantikan Nasi Sebagai Zat Karbohidrat"