Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Sirsak

Buah sirsak merupakan salah satu dari bermacam buah buahan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Buah tersebut sangat populer di berbagai penjuru dunia .salah satu yang sangat menyukai buah tersebut adalah masyarakat belanda yang rasanya asam dan segar tersebut. buah sirsak ini tumbuh subur di negeri indonesia yang kaya akan rempah rempah serta sumber alam hayati maupun non hayati , serta kaya akan aneka macam buah buahan , serta iklim yang tropis.

Nama lain dari buah sirsak tersebut Annona Muricata Linn nama tersebut berasal dari bahasa latin. Menurut keterangan yang lain buah sirsak tersebut berasal dari amerika selatan yang umumnya tinggi tumbuhan tersebut sekitar 5-6 m dengan daun yang hijau tua dan buah yang besar..menurut keterangan dari sejarah ketika columbus menemukan amerika , tanaman ini di bawa ke asia .tanaman tersebut tumbuh subur diseluruh daerah indonesia yang beriklim tropis.

Salah satu daerah yang di tanami penuh buah sirsak adalah daerah kecamatan astambul kabupaten banjar propinsi kalimantan selatan. Tanaman buah sirsak tersebut distribusinya sudah sampai ke berbagai daerah.

Menurut keterangan yang lain , di lakukan studi pada sekitar tahun 1940 yang di temukan banyak senyawa bioaktif dan fitokimia yang terdapat pada buah sirsak dan pada tahun 1976 sebuah penelitian oleh national cancer institute USA menemukan bahwa daun sirsak tersebut mengandung senyawa fitokimia yang di sebut sebagai Annonaceous Acetogenins, yang memiliki senyawa anti tumor dan anti kanker yang potensial , tanpa merusak sel yang sehat.

Dalam mekanisme penting aksi senyawa tersebut sebgai penghambat atp yaitu untuk mengurangi asupan energy terhadap sel kanker yang telah di kemukakan oleh pakar ahlinya

Dalam penjelasan yang lain telah di adakan berbagai penelitian in vitro oleh purdue University USA , catholic university of south korea , para peneliti jepang maupun peneliti dari indonesia telah menemukan bahwa di dalam kandungan Annonaceous acetogenins mengandung annonacin dan 82 tipe acetogenin yang dapat menghancurkan sel kanker payudara , kulit , paru paru ,usus , prostate , dan sel kanker yang lainnya .

Selain sebagai obat kanker yang potensial , juga terdapat banyak manfaat ekstrak dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut : dapat di gunakan untuk anti bakteri , anti virus , anti jamur , serta untuk pengobatan wasir , juga dapat di gunakan untuk menurunkan tekanan darah , dan dapat menekan infeksi hiv[anti aids] yang penelitiannya masih di kembangkan para peniliti.

Adapun cara tradisional penggunaan dari daun sirsak tersebut dengan cara merebus daun sirsak tersebut dalam air .begitu banyak manfaat yang di dapat dari buah sirsak maupun dari daun sirsak dengan metode cara penggunaan baik secara tradisional maupun secara modern.langkah yang paling mudah dalam penggunaan daun sirsak tersebut dengan cara tradisional [ merebus daun dalam air] .untuk saat ini juga banyak pengobatan dengan cara modern , memanfaatkan khasiat dari buah sirsak maupun daun tersebut.jika kita teliti dan cermati banyak manfaat yang kita peroleh dari buah sirsak maupun daunnya .

Post a Comment for "Manfaat dan Kandungan Senyawa Dalam Buah Sirsak"