Sistem Pendinginan Radiator Pada Kendaraan Bermotor

Radiator merupakan komponen yang berfungsi sebagai pendinginan pada kendaraan bermotor.komponen tersebut sangat penting untuk mengurangi panas yang di hasilkan pada mesin tersebut.selain fungsi tersebut juga berguna untuk mempertahankan temperatur mesin agar selalu pada temperatur kerja yang efisien dalam berbagai kondisi.

Biasanya temperatur kerja tersebut pada suhu antara 80 derajad celcius sampai 90 derajad celcius,selain itu juga berfungsi untuk mempercepat temperatur kerja dengan tujuan untuk mencegah terjadinya keausan yang 4berlebihan.sistem pendinginan tersebut juga terbagi menjadi 2 macam yaitu :

sistem pendinginan udara

sistem pendinginan air Kipas pendingin : alat tersebut berfungsi mengalirkan udara dalam komponen utama radiator agar panas yang terdapat pada mesin tak terlalu panas

Adapun bagian bagian dari sistem pendingin tersebut antara lain sebagai berikut :

dihasilkan dapat terpancarkan ke udara dengan mudah .

Adapun kipas tersebut terbagi menjadi dua macam yaitu : kipas pendingin biasa yang diputarkan oleh mesin dan kipas pendingin listrik yang di putarkan oleh motor listrik.pada keadaan tersebut kipas juga perlu di servis secara berkala kalau mungkin porosnya ada yang aus dan kotor.

Pompa air [water pump] ; berfungsi sebagai sirkulasi air pendingin dengan jalan membuat perbedaan tekanan antara saluran isap dan saluran tekan pada pompa.

Thermostat:berfungsi sebagai penahan air pendingin yang bersirkulasi pada saat suhu mesin yang rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator dan pada saat suhu mesin mecapai suhu yang ideal.dalam jenis thermostat ini terbagi menjadi 2 macam antara lain :thermostat dengan katup by pass dan thermostat tanpa katup by pass

Radiator : di dalam radiator tersebut terbagi menjadi beberapa komponen antara lain

Tabung atau tangki atas [upper tank] berfungsi untuk menampung air yang telah panas dari mesin.

Tabung atau tangki bawah yang berfungsi menampung air yang telah dingin oleh utamanya radiator dan selanjutnya di salurkan pompa ke mesin

Selang atas [upper house] berfungsi sebagai selang yang menyalurkan air pendingin yang temperaturnya sangat tinggi

Selang bawah [lower house] yang berfungsi sebagai selang pengalir air pendingin dari radiator menuju mesin untuk di sirkulasi mesin melalui pompa

Kisi kisi [fin] berfungsi untuk menyerap panas dan air pendingin

Sirip radiator berfungsi untuk mendinginkan air pendingin dengan memindahkan panas ke udara luar

Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan dan menstabilkan tekanan dalam sisitem pendinginan [mengatur tekanan air].tutup radiator tersebut juga terbagi menjadi 2 macam yaitu katup tekanan [relief valve] berfungsi untuk membuang air pendingin ke reservoir pada saat tekanan dalam radiator naik.sedangkan katup vacum [vacuum valve] berfungsi untuk memasukkan air pendingin ke radiator pada saat tekanan di dalam radiator turun

Saluran pembuang yang berfungsi untuk membuang atau menguras air pendingin radiator

Tangki cadangan [reservoir tank] berfungsi untuk menampung air pendingin ketika terjadi kenaikan tekanan air dalam suhu yang tinggi dari dalam radiator sehingga air meluap ketika suhu air pendingin turun maka terjadilah kevakuman dalam tangki reservoir yang akan di isap kembali ke dalam radiator

Dengan fungsi tersebut dapat membantu dalam proses pendinginan terhadap mesin kendaraan yang di akibatkan putaran mesin yang sangat tinggi.untuk jumlah kapasitas air pendingin pada radiator harus berada pada kondisi low dan full

Post a Comment for "Sistem Pendinginan Radiator Pada Kendaraan Bermotor"