Bagaimana Cara Memeriksa Dan Mengukur Final Drive Atau Differential

Dalam dunia otomotif pastilah kita mengenal yang namanya differential atau final drive.alat tersebut bentuknya seperti gear dan mempunyai poros yang kegunaannya sangatlah penting bagi kendaraan.fungsi dari suatu sistem yang peruntukannya untuk membagi putaran yang masuk ke dalam roda yang sesuai dengan jalan yang di lalui poros differential.

Alat tersebut mempunyai beberapa macam bagian utama dalam differential antara lain sebagai berikut :

final gear atau yang di sebut dengan penggerak aksel dengan terdiri dari drive pinion dan ring gear dan berfungsi sebagai memperbesar moment dan merubah arah putaran dengan sebesar 90 derajad

differential gear atau yang di sebut dengan roda gigi differential dengan terdiri dari side pinion gear atau ring gear dan drive pinion yang berfungsi sebagai pembeda putaran antara roda kiri dengan roda kanan

Sedangkan menurut pembagian dari differential dengan tipe final gear atau penggerak aksel terbagi menjadi beberapa bagian antara lain :

hypold bevel gear dengan roda gigi yang terpasang offset dengan melalui garis tengah tengah korona atau yang di sebut dengan ring gear.dengan perbandingan antara persinggungan dari roda rodanya gigi yang sangat besar dan bekerjanya dengan sangat halus sekali.dengan mempunyai keuntungan penggerak aksel tersebut bertype hypold bevel gear.

Selam roda roda gigi tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.dalam type hypod gear harus dapat di lumasi dengan oli yang mempunyai oil film yang sangat kuat dan pada umunya sangat sering di pergunakan pada kendaraan dengan roda penggerak roda belakang.

Helical gear : fungsi dari helical gear tersebut untuk menghasilkan puntiran,dalam gigi helical gear gigi pinionnya selalu aktif dalam persinggungan dengan gigi korona yang terdapat pada lokasi yang sama tanpa ada celah antara gigi pinionnya dengan gigi korona atau yang di sebut dengan ring gear.oleh sebab itu bunyi dan getaran yang di timbulkan sangat kecil dan moment dapat memindahkan gigi tersebut dengan lembut.dalam hal ini mempunyai keuntungan dari jenis helical gear dan pada umunya di pergunakan pada kendaraan penggerak depan

Differential gear atau yang di sebut dengan roda gigi differential dengan tujuan agar dapat membedakan rpm untuk menghasilkan momen yang sebanding .pada saat mobil berjalan maka roda roda jarang berputar pada putaran yang sama.sebab ke dua roda kiri dengan roda kanan saling berhubungan dengan permukaan jalan yang berbeda beda .

Karena adanya perbedaan putaran roda kiri dengan roda kanan adalah karena perbedaan tekanan angin dan keausan dari ban tersebut.apabila roda roda bergerak pada rpm yang sama,maka salah satu roda akan slip dan ban akan cepat aus serta cenderung berakibat pada kemampuan pengendaraan .maka untuk itu diperlukan adanya differential gear.

Untuk prinsip prinsip dasar unit roda gigi differential pada saat jalan lurus adalah sebagai berikut : apabila kedua rack tersebut di beri dengan beban yang sama maka ketika shackle di tarik ke atas akan dapat menyebabkan kedua rack terangkat pada jarak yang sama ,karena tahanan rack dari kiri dan kanan sama juga mengakibatkan pinion tidak dapat berputar.

Sedangkan pada saat jalan datar dan kendaraan tersebut berjalan dengan lurus ,maka tahanan gelinding [rolling] resistance]pada kedua roda penggerak atau yang di sebut dengan side gear hampir sama .

Oleh karena itu ke dua roda gigi penggerak atau yang di sebut dengan side gear berputar sebanding dengan putaran gigi satelit atau yang di sebut dengan pinion gear dan semua komponen tersebut berputar dalam satu unit.untuk itu roda gigi satelit atau yang d sebut dengan pinion gear hanya berfungsi sebagai penghubung antara roda gigi samping dengan roda gigi bagian kiri maupun bagian roda gigi kanan.

Untuk roda gigi samping atau yang di sebut dengan side gear berputar merupakan satu unit dengan putaran roda gigi satelit aau yang di sebut dengan pinion gear dapat menyebabkan komponen berputar pada rpm yang sama .

Sedangkan untuk pada saat jalan belok beban yang di hasilkan lebih besar yang di letakkan pada rack sebelah kiri dari shackle di tarik ke atas,maka pinion gear tersebutakan berputar sepanjang gerigi rack tersebut yang mendapat beban lebih berat yang di sebabkan dengan adanya per bedaan tahanan.kejaidan seperti ini bisa menyebabkan rack yang mendapat beban lebih kecil akan menjadi terangkat .

Pada saat kendaraan berbelok,maka jarak tempuh roda pada bagian dalam akan lebih kecil atau busurnya lebih pendek dari pada roda bagian luar.pada saat belok kiri tiap roda gigi satelit atau pinion gear berputar mengelilingi porosnya masing masing dan juga bergerak mengelilingi aksel belakang .yang mengakibatkan putaran pada roda gigi samping atau side gear bagian sebelah kanan bertambah.

Untuk pemeriksaan pada bagian final drive gear backlash dengan memeriksa celah kebebasan kontak antara ring gear dengan drive pinion

Pemeriksaan differential gear backlash dengan pemeriksaan celah kebebasan antara side gear dengan pinion gear

Pemeriksaan tooth contack final drve gear dengan memeriksa kontak gigi rring gear dengan drive pinion ,oleskan cairan pewarna atau spidol non permanen pada roda gigi korona kemudian di putar hingga nampak bekas kontak dari permukaan gigi.

Pemeriksaan drive gear run out dengan melakukan pemeriksaan keolengan roda gigi korona atau ring gear dan drive pinion

Pemeriksaan celah antara side gear dengan differential case dengan memastikan harus dapat berputar dengan halus

Pemeriksaan heal contact atau persinggungan gigi dengan hanya di tumit kontak

Pemeriksaan toe contact atau persinggungan gigi dengan hanya di kaki kontak

Pemeriksaan face contact atau persinggungan gigi dengan hanya di wajah kontak

Pemeriksaan flank contact atau persinggungan gigi dengan hanya di sisi kontak

Berbagai macam keterangan tersebut menjelaskan tentang sistem dari differential pada kendaraan yang berhubungan langsung dengan sistem transmisi dengan memutarkan bagian roda kiri dan roda kanan melalui poros differential dan gear tersebut.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Memeriksa Dan Mengukur Final Drive Atau Differential"