Cara Kerja Dari Sistem Penerangan Kendaraan

Pada saat di malam hari maupun dalam keadaan gelap gulita kita memerlukan yang namanya sistem penerangan tersebut.namun kali ini sistem penerangan tersebut tentang kendaraan yang berfungsi sebagai penerang jalan.sistem penerangan tersebut dapat diartikan dengan kata lain lighting sistem yang kebutuhannya sangat diperlukan dalam keselamatan pengendara di malam hari maupun dalam keadaan bahaya.dalam sistem penerangan tersebut terbagi menjadi beberapa macam sistem penerangan antara lain sebagai berikut :

1.Sistem penerangan luar tersebut berisi beberapa lampu dengan keterangan penggunaan dan fungsi masing masing yaitu :

Lampu besar atau yang disebut dengan head lamp.lampu ini biasanya terdapat pada body depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerang jalan yang utama,selain itu dalam lampu besar tersebut terdapat juga rangkaian lampu jarak jauh.

Lampu jarak dan lampu belakang dengan fungsi pemberi isyarat adanya serta lebarnya dari sebuah kendaraan pada malam haribagi kendaraan lainnya,baik yang ada di depan maupun yang ada di belakang.lampu lampu tersebut pada bagian depan dinamakan dengan lampu jarak atau clearence light sedangkan pada bagian belakang dinamakan dengan lampu belakang atau yang disebut tail light

Lampu rem atau yang disebut dengan brake light dengan kelengkapan dari bagianbelakang kendaraan sebagai isyarat untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau benturan dengan kendaraan yang mengikuti kita pada saat terjadinya pengereman

Lampu tanda belok pada kendaraan terpasang pada bagian ujung kendaraan seperti pada fender depan,untuk memberi isyarat pada kendaraan yang ada di depan pada bagian sisi kendaraan dan belakang pengendara bermaksud untuk membelok atau mengganti jalur dalam berkendara.untuk lampu tanda belok tersebut biasanya mengedip antara 60 sampai dengan 120 kali setiap menitnya

Lampu hazard dengan penggunaan sebagai isyarat keberadaan kendaraan tersebut dari bagian depan maupun pada bagian belakang dan juga pada bagian kedua sisinya selam kendaraan tersebut berhenti atau dalam keadaan bahaya/pada penggunaan lampu yang di gunakan adalah lampu belok dengan seluruh lampu mengedip serempak atau bersamaan

lampu plat nomer berfungsi sebagai penerang dari plat nomor bagian belakang .lampu tersebut menyala apabila lampu belakang menyala

Lampu mundur atau yang di sebut dengan back up light yang terpasang pada bagian belakang dari kendaraan dengan memberikan penerangan tambahan agar dapat melihat kebelakang pada saat kendaraan mundur di malam hari dengan memberikan isyarat pada kendaraan yang mengikutinya bahwa kendraan tersebut akan mundur atau sedang dalam posisi mundur.pada saat demikian lampu mundur akan menyala bila tuas dioperasikan mundur dengan kunci kontak pada posisi on

lampu kabut yang di gunakan pada saat cuaca yang sangat berkabut tebal dengan jalanan berdebu atau hujan lebat.sehingga diperlukan lampu kabut..penggunaan pada lampu kabut tersebut harus di sesuaikan dengan aturan yang berlaku serta pemasangan kedua lampu tersebut harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaraan tersebut

2.Sistem penerangan dalam hanya untuk lampu meter dan lampu penerang pada ruangan kendaraan .pada sistem penerangan dalam tersebut terbagi menjadi beberapa bagian antara lain :

lampu ruangan atau yang di sebut dengan dome light dengan menerangi interior pada bagian dalam kendaraan .pada umumnya lampu ini biasanya di satukan dengan dengan switchnya yang mempunyai 3 posisi yaitu : on ,door , of [sebagai kemudahan dalam keluar masuk kendaraan pada malam hari dengan penyetelan hanya menyala apabila salah satu pintu di buka .hal seperti ini dapat di lakukan dengan cara menyetel switch pada posisi door]

lampu instrumen dapat di gunakan sebagai penerang meter meter pada instrumen tersebut pada malam hari dengan kemungkina pengemudi dapat membaca meter meter dan gauge dengan mudah dan cepat pada saat mengemudi.ada beberapa model yang dilengkapi dengan lampu pengontrol rheostat yang memungkinkan pengendara dapat mengontrol terangnya lampu lampu instrumen pada panel

lampu sein atau yang di sebut dengan flsher tanda belok adalah suatu alat yang dapat menyebabkan lampu belok berkedip kedip secara interval.pada umunya penggunaannya menggunakan tipe semi – transistor yang kompak, ringan dan dapat di andalkan

Flasher lampu hazard atau yang di sebut dengan lampu bahaya .pada prinsipnya lampu ini mirip dengan lampu sein ,karena juga dapat menyebabkanlampu berkedip kedip secara teratur dan di satukan dengan flasher lampu sein

Sistem penerangan tersebu sangatlah penting kegunaan pada kendaraan bermotor baik kendaraan ringan maupun kendaraan beratdengan penyesuaian fungsi dan cara kerja masing masing komponen tersebut.sehingga dalam kenyamanan mengemudi pada malam hari maupundi cuaca yang kurang mendukung dapat teratasi dengan baik dan sebagai keselamatan dalam berkendara

Post a Comment for "Cara Kerja Dari Sistem Penerangan Kendaraan"