Sejarah Lengkap dari Desa Ploso Kota Kudus Beserta Riwayatnya

Pada zaman dahulu mbah Buyut Seniyah adalah murid dari kinaseh [kesayangan] sunan Kudus Waktu dahulu mbah Buyut Seniyah juga bertugas merawat Den Ayu Mlati yang baru sakit [gerah] .merupakan istri dari Sunan Kudus dan mbah Buyut Seniyah mengikuti Den Ayu Mlati pulang dari desa mlati.

Dari Menara Kudus berjalan menuju ke arah selatan sampai perempatan di sebelah selatan sendiri.Den Ayu Mlati beristirahat,kemudian mbah Buyut Seniyah di tempat itu menemukan buah .terus di belah jadi dua buah yang matang tersebut akan tetapi rasanya pahit.

Mbah Buyut Seniyah ketemu dengan orang lelaki,di tanyain dia.terus mbah Buyut Seniyah kembali bertanya desa mana ini ?

orang lelaki tersebut menjawab tidak tahu. Terus mbah Buyut Seniyah bertanya lagi untuk yang ke dua kalinya , dia berkata rumahmu mana ?

orang lelaki tersebut menjawab rumah saya di sini mbah.

Mbah Buyut seniyah berkata : lho kok tidak tahu desanya . terus bertanya lagi mbah Buyut Seniyah : namamu siapa ?

orang lelaki itu menjawab nama saya mojo mbah

mbah Buyut Seniah menjawab : ooo kamu itu tahu yang menanam pohon itu siapa?

Orang lelaki itu berkata saya mbah.

Kemudian mbah Buyut Seniyah berkata lagi kalau begitu buah ini namanya buah apa ?

Orang lelaki tersebut menjawab buah Mojo.terus mbah Buyut Seniyah menjawab : kalau begutu , jika besok ada perubahan zaman ,desa tersebut di namakan desa Mojopahit.

Terus mbah Buyut Seniyah dan Den Ayu Mlati berjalan ke arah selatan samapai perempatan,Den Ayu Mlati terasa letih terus beristirahat sebentar .dalam istirahat mbah Buyut Seniyah ketemu dengan orang lelaki lagi,dan di tanya orang tersebut

Rumahmu mana ?

Orang lelaki tersebut menjawab : saya orang sini mbah .

Mbah Buyut Seniyah bertanya lagi desa mana ini ?

Orang itu menjawab belum ada nama desanya.

Mbah Buyut Seniyah bertanya lagi kepada lelaki tersebut pekerjaanmu apa ?

Orang itu menjawab tukang nyungging [kuli]

Mbah Buyut Seniyah berkata , kalau begitu jika besok ada perubahan zaman desa itu akan di namakan Sunggingan.sebab dari pekerjaannya itu .selanjutnya mbah Buyut Seniyah dan Den ayu Mlati meneruskan perjalananke arah selatan lagi.

Terus berjalan ke arah selatan dan belok ke arah timur terus menyebrang sungai. Belok ke arah utara bersama Den Ayu Mlati dan terasa letih beristirahat sebentar di pinggir sungai tersebut.

Kemudian mbah Buyut Seniyah menganggap kalau setiap istirahat di tengah tengah atau pusarnya bumi.terus mbah Buyut Seniyah berada di sebelah selatan, barat mendapat hasil dari semuanya itu.

mbah Buyut Seniyah mendapat dua pohon terus Buyut Seniyah ketemu dengan orang lelaki lagi di tanyain di sini desa mana ?

Terus di jawab orang tadi saya tidak tahu.terus mbah Buyut Seniyah berkata : misal dua pohon yang di buat istirahat dan kenapa kok kamu istirahat di pohon itu ?

Di jawab saya baru puasa .terus mbah Buyut Seniyah berkata besok kalau ada perubahan zaman tersebut atau bernama desa Ploso.sehingga sampai sembuh kesehatan Den Ayu Mlati,tiba tiba Buyut Seniyah ketemu nawang wulan yang nantinya nawang wulan mempunyai lesung

Terus lesung tadi di minta sama Buyut Seniyah untuk sembunyi Den Ayu Mlati sampai sembuh benar. setelah sembuh dia ketemu sudara lelaki dari daerah jawa timur.dua orang tersebut berasal dari daerah madura

Namanya :

1.Budho ku

2 . Jogo Darmo Kusumo

Dua orang saudara lelaki tersebut akhirnya suka sama Buyut Seniyah sebab Buyut Seniah dari Jawa Timur,Telatah Kediri

namun akhirnya Buyut Seniyah memilih Buyut Budho Kusumo sehingga Buyut Seniyah jadi istrinya Buyut Budho Kusumo.yang merupakan Kakaknya Buyut Jago Darmo Kusumo

akhirnya Buyut Seniyah mempunyai dua anak perempuan yang salah satu namanya Buyut Klenting

Dan akhirnya Buyut Jago Darmo Kusumo mendapat istri yang namanya Buyut Dasimah .selanjutnya Buyut Jago Darmo Kusumo menetap di desa Ploso sebelah barat sungai . Buyut Budho Kusumo dan Buyut Seniyah menetap di sebelah timur sungai. Makanya Buyut Jago Darmo Kusumo terkenal adik sepupu Buyut Seniyah . jadi yang memberi nama desa Ploso itu tidak Buyut Pangi melainkan Buyut Seniyah.

Setelah Den Ayu Mlati sembuh , berangkat dari tempat istirahatnya langsung di bawa Buyut Seniyah ke desa Mlati Kidul yaitu makam atau pesarehan . makam Den Ayu Mlati Soro Hito, Mlati kidul.Buyut Jargo Darmo Kusumo dengan Buyut Dasimah seorang anak lelaki bernama Buyut Ronggo Lencono.Buyut Ronggo Lencono beristri Buyut Puspo Diah

SEKIAN

Keterangan: Dengan demikian Kepala desa ploso yang tidak dapat dilihat dengan mata atau makhluk Ghoib.siapapun yang jadi kepala desa Ploso harus berhati hati dalam mentukan sikap ,tidak boleh sombong ,semena mena .harus jujur dan disiplin

Sumber berita : Mbah Moealiq A.S

Post a Comment for "Sejarah Lengkap dari Desa Ploso Kota Kudus Beserta Riwayatnya"