Sistem Kerja Hidrolik Dan Sistem Kerja Kompresor Udara

Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk memompakan udara pada roda kendaraan maupun untuk keperluan yang lainnya .biasanya kompresor banyak sering penggunaan dalam dunia otomotif terutama dalam pembersihan karburator maupun berguna untuk penyemprotan cat body ,pembersih filter udara dan filter bensin ,

pembersih oli pada blok mesin pada saat penggantian oli mesin baru serta banyak kegunaan yang lainnya .dalam klasifikasi dan konstruksi kompresor udara terbagi beberapa macam antara lain sebagai berikut : di tinjau dari proses cara kerja pemampatan [kompresi] udara yaitu :

Jenis perpindahan adalah kompresor yang menaikkan tekanan dengan memperkecil atau memampatkan volume gas yang diisap ke dalam silinder atau stator oleh torak atau sudu

Jenis turbo adalah kompresor yang menaikkan tekanan dan kecepatan gas dengan gaya sentrifugal yang di timbulkan oleh impeller atau dengan gaya angkat [lift] yang di timbulkan oleh sudu

Istilah istilah kompresor sering di pergunakan untuk yang bertekanan tinggi ,blower untuk yang bertekanan rendah dan sedang dan fan juiga untuk yang bertekanan sangat rendah.

Pada saat udara bertekanan yang di hasilkan kompresor mempunyai beberapa kelebihan di bandingkan dengan tenaga listrik dan hidrolik yang antara lain sebagai berikut :

konstruksi dan operasi mesin serta fasilitasnya sangatlah sederhana

pemeliharaan dan pemeriksaan mesin dan peralatan dapat di kerjakan dengan sangat mudah

energi dapat di simpan

kerja dapat di lakukan dengan cepat

harga mesin dan peralatan relatif lebih murah

kebocoran udara yang dapat terjadi tidak membahayakan dan tidak menimbulkan pencemaran.

Sedangkan fungsi dari meknisme kerja hidrolik adalah suatu sistem yang pengoperasiannya dengan menggunakan tenaga hidrolis [fluida cair] dengan suatu silinder atau actuating silinder.sedangkan mekanisme kerja pneumatik adalah suatu sistem dengan pengoperasiannya menggunakan tenaga pneumatik [fluida gas] dengan suatu silinder atau actuating silinder

Dalam bagian kompresor terdapat beberapa konstruksi yaitu kompresor torak atau kompresor bolak balik yang pada dasarnya adalah sebagai perubah gerakan putar dan penggerak mula menjadi gerak bolak balik torak atau piston .dalam gerakan ini diperoleh dengan menggunakan poros engkol dan batang penggerak yang dapat menghasilkan gerak bolak balik pada torak .langkah kerja kompresor torak hampir sama dengan konsep kerja motor torak yaitu :

Langkah isap adalah apabial poros engkol berputar searah putaran jarum jam ,torak bergerak dari titik mati atas atau TMA ke titik mati bawah atau TMB .pada saat tekanan negatif terjadi pada ruangan di dalam silinder yang di tinggalkan torak sehingga katup isap terbuka oleh perbedaaan tekanan dan udar terisap masuk ke dalam silinder

Langkah kompresi dapat tejadi pada saat torak bergerak dari TMB ke TMA,pada saat tersebut katup isap dan katup buang tertutup rapat sehingga udara dimampatkan dalam silinder

Langkah keluar terjadi apabila torak meneruskan gerakannya ke TMA ,pada saat tekanan udara sehingga udara akan keluar

Bagian bagian utama dari kompresor torak yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut : silinder dan kepala silinder.untuk silinder mempunyai bentuk silindris dan merupakan bejan dengan kedap udara di mana torak bergerak bolak balik untuk dapat menghisap dan memampatkan udara .

silinder dengan tekanan kurang dari 50 kgf atau cm2 [4,9 Mpa] pada umumnya menggunakan besi cor sebagai bahan silindernya .sedangkan kepala silinder terbagi menjadi dua bagian antara lain satu bagian sisi isap dan satu bagian isi tekan

Dalam kelengkapan sisi isap dengan katup isap dan sisi tekan dengan di lengkapi katup tekan .pada kompresor kerja ganda terdapat dua macam kepala silinder antara lain kepala silnder atas dan kepala silinder bawah.dalam keterangannya kepala silinder harus dapat menahan tekanan sehingga bahan pembuatnya adalah besi cor .dalam bagian dinding luarnya di beri sirip sirip pendingin atau selubung air pendingin

Torak dan cincin torak,mempunyai tugas masing masing.torak bertugas melakukan kompresi terhadap udara atau gas ,sehingga torak harus kuat untuk menahan tekanan dan panas.torak harus di buat seringan mungkin karena untuk mengurangi gaya inersia dangetaran sedangkan cincin torak tersebut di pasangkan pada alur alur torak dan berfungsi sebagai perapat antara torak dengan dinding silinder tersebut.

Cincin torak biasanya di pergunakan pada kompresor dengan tekanan kurang dari 10 kgf/cm2,pada kompresor tegak dengan pelumasan minyak,pada torak juga terpasang sebuah cincin pengikis minyak yang terpasang pada alur bawah.edangkan kompresor tanpa pelumasan ,cincin torak tersebut terbuat dari bahan yang spesifik yaitu karbon atau teflon

Katup katup juga terdapat pada kompresor pembukaan da penutupan katup tergantung dari perbedaan tekanan yang terjadi antara bagian dalam dan bagian sisi luar silinder .untuk jenis jenis katup yang biasa di pergunakan adalah jenis katup pita ,katup cincin ,katup kanal dan katup kepak

Poros engkol dan batang torak mempunyai fungsi utama untuk-merubah gerakan putar menjadi bolak balik .untuk posros engkol dan batang torak terbuat dari besi baja tempa

Kotak engkol berfungsi sebagai blok mesinnya kompresor yang berfungsi sebagai dudukan bantalan engkol yang bekerja menahan beban inersia dari masa yang bergerak bolak balik serta gaya pada torak.,selain itu kompresor dengan pelumasan minyak kotak engkol berfungsi sebagai tempat bak penampung minyak pelumas

Pengatur kapasitas,untuk mengatur batas volume dan tekanan yang dihasilkan kompresor dipergunakan alat yang biasa tersebut adalah pembebas beban atau yang di sebut Unloader

Pelumasan bertujuan mencegah keausan ,merapatkan cincin torak dan paking,sebagai pendingin bagian yang saling berrgesek,dan mencegah terjadinya berkarat untuk kompresor dengan kerja tunggal biasanya di pergunakan sebagai kompresor berukuran kecil ,pelumasankota engkol dan silinder di satukan.

Sebaliknya kompresor dengan kerja ganda biasanya di buat untuk ukuran sedang dan besar di mana silinder tersebut di pisah dan rangka oleh paking tekan.untuk itu harus di pisah .dalam hal pelumasan untuk silinder tersebut di sebut dengan pelumasan dalam dan pelumasan untuk rangkanya di sebut dengan pelumasan luar .

Sedangkan kompresor kerja tunggal yang berukuran kecil ,pelumasan dalam maupun pelumasan luar dikerjakan secara bersama sama dengan cara pelumasan percik atau dengan pompa jenis roda gigi

Peralatan pembantu dapat bekerja dengan sempurna ,kompresor juga di lengkapi dengan beberapa peralatan antara lain saringan udara ,katup pengaman, tangki udara dan peralata pengaman yang lain untuk dapat menghindari terjadinya kecelakaan

Untuk arti dari fluida adalah zat cair yang terdiri dari fluida cair dan fluida gas,sedangkan tekanan terbagi dengan 2 macam yaitu :

Tekanan mutlak yaitu besarnya tekanan yang di ukur dari 0 [nol] atmosfer

tekanan kerja yaitu besarnya tekanan yang di ukur dari satu atmosfer

begitu juga dengan udara yang terbagi dengan 2 macam antara lain:

udara yaitu gas dimana terdiri dari beberapa campuran unsur oksigen,nitrogen dan argon serta unsur unsur lain yang relatif sangat kecil untuk dapat diabaikan

udara normal yaitu udara yang suhunya pada tekanan 76 cmhg,suhu 0oC atau biasa yang di definisikan lain sebagai udara dengan lengas yang relatif36 derajad pada suhu 68 derajad fahrenheit

sedangkan kompresor adalah mesin yang berfungsi memampatkan udara atau menaikkan tekanan atau memindahakan fluida gas dari suatu tekanan statis rendah ke dalam keadaan tekanan statis yang lebih tinggi

Post a Comment for "Sistem Kerja Hidrolik Dan Sistem Kerja Kompresor Udara"