Persyaratan Membuat Kelengkapan Perapat Dan Penyetel

Cara kita untuk membuat perapat dan penyetel harus mempunyai persyaratan tertentu agar perapat tersebut tidak mudah terbakar.dari sekian banyaknya bagian bagian dari mesin kendaraan terdapat beberapa bagian yang memerlukan lengkapan perapat pada motor bakar ,agar tidak terjadi kebocoran antara lain sebagai berikut ini :

ruang kompresi di dalam silinder

  1. saluran bahan bakar
  2. saluran minyak pelumas
  3. saluran air pendingin
  4. saluran gas bekas
  5. ruang karter dan ruang roda gigi

Keterangan tentang perlunya lengkapan perapat dan penyetel serta persyaratan di atas adalah sebagai berikut ini :

Lengkapan perapat ruang kompresi ; dalam ruang kompresi mempunyai temperatur yang tinggi dan menimbulkan api karena pembakaran juga mempunyai tekanan yang tinggi,oleh karena itu persyaratan membuat perapat sebagai berikut ini :tidak mudah terbakar ,harus tahan dalam tekanan tinggi serta harus mempunyai sifat plastis .

oleh karena itu pemenuhan persyaratan tersebut harus terpenuhi,maka perapat atau paking yang di pergunakan adalah ; Perapat atau paking klingrit yang di dalamnya terdapat anyaman kawat baja yang halus Perapat dari bahan asbes,yang bagian luarnya di lindungi dengan plat tembaga yang tipis,sebagai penguatnya Terkadang terbuat dari plat tembaga yang tipis dan rata atau plat baja yang halus dan tipis yang di susun rapi dan berlapis.maksud dari penyusunan tersebut agar mempunyai sifat yang plastis.biasanya perapat seperti ini banyak di gunakan pada motor kecil atau motor dengan pendinginan udara

Dalam pemasangan perapat seperti ini tidak memerlukan alat perekat dan alat perapat bantu.hanya dengan persyaratan bersih dan kering

Lengkapan perapat pada saluran bahan bakar :

persyaratan pada perapat seperti ini antara lain sebagai berikut ;

harus mempunyai ketahanan terhadap bahan bakar [bensin maupun solar] mempunyai sifat plastis kadang kala bersifat elastis [karet]

perapat yang di pergunakan adalah sebagai berikut : fiber paking dan aluminium ,tembaga plat , karet sintetis yang tahan minyak , plstik yang tahan minyak , kertas minyak , serta paking klingrit

Dalam pemakaian fiber paking dan aluminium adalah sebagai cincin perapat dan hanya terpasang pada bidang yang rata saja.sedangkan pemakaian plat tembaga adalah cincin yang berfungsi sebagai perapat seperti fiber dan aluminium.akan tetapi selain untuk bidang rata ,tembaga juga di pergunakan sebagai perapat untuk bidang yang cekung dan cembung.salah satu contoh pada saluran keluar pada pompa tekan bahan bakar ,nepel saluran masuk dan pelimpah bahan bakar pada injektor.

Pelaksanaan pemakaian pada karet sintetis sebagai perapat,berbentuk cincin yang mempunyai penampang bulat atau berpenampang persegi empat.perapat seperti ini harus tahan terhadap bensin,solar ,minyak lumas.perapat seperti ini terpasang pada bagian silindris.seperti contoh dudukan katup tekan antara pompa tekan motor diesel dan rumahnya

Pemasangan perapat dari plastik terpasang pada bagian yang tidak panas seperti tangki bahan bakar , baut sumbat pada pompa penarik bahan bakar dan yang lainnya.sedangkan pemasangan perapat dari kertas minyak dan klingrit pada bidang yang luas .seperti contoh deksil pada pompa bahan bakar ,tutup karburator dan deksel tangki bahan bakar.

Lengkapan perapat pada saluran minyak lumas : pada saluran minyak ini alat alat perapat yang di pergunakan sama dengan perapat pada saluran bahan bakar.selain itu juga terpakai perapat dari gabus .khusus pada bidang bidang yang rata saja.contoh pada plendes plendes pipa masuk dan keluar dari pompa minyak lumas dan sebagainya

Lengkapan perapat pada saluran air pendingin : perapat yang di pakai untuk saluran ini adalah : perapat dari gabus , perapat dari klingrit , perapat dari kertas , perapat dari karet .contoh pemasangan perapat dari gabus dan klingrit terpasang pada pipa air dengan kepala silinder,pipa air dengan blok rotor dan sebagainya .perapat dari kertas terpasang pada deksel pompa air

Perapat dari karet yang berupa cincin yang berpenampang bulat atau persegi empat terpasang pada saluran yang menghubungkan pendingin kepala silinder dengan blok motor.perapat dari pipa pipa karet di pergunakan untuk menghubungkan pipa pipa air yang masuk atau keluar dari radiator ,khusus untuk ring[cincin] perapat pada thermometer dan baut sumbat yang di pergunakan perapat dari fiber atau tembaga.

Lengkapan perapat saluran gas : dalam keterangan perapat ini tidak boleh dari bahan yang mudah terbakar.perapat seperti ini terbuat dari asbes plat,asbes yang di perkuat dengan plat tembaga atau paking klingrit.pemasangan perapat ini tidak memerlukan perekat.

Perapat pada ruang karter dan ruang roda gigi : perapat seperti ini menggunakan perapat dari gabus ,perapat dari klingrit dan perapat dari kertas minyak.perapat seperti ini memerlukan perekat dan diletakkan pada deksel atau bak karter yang akan di pasang pada blok motor.

Tujuan pemasangan perapat ini adalah untuk menjaga posisi dari perapat agar tidak bergeser dari tempatnya.salah satu contoh pemasangan perapat ini adalah dengan cara perekat kita oles pada permukaan drad dari tap baut,setelah kering baru kita pasang kembali

Post a Comment for "Persyaratan Membuat Kelengkapan Perapat Dan Penyetel"