Bagian Utama Dari Kompresor Torak yang Harus Di Pahami

Bagian utama dari kompresor torak tersebut yang perlu kita pahami dan kita ketahui antara lain sebagai berikut ini :

Silinder dan kepala silinder : dengan bentuk silindris yang merupakan bejana kedap udara di mana torak berfungsi mengisap dan memampatkan udara dengan cara bergerak bolak balik.silinder untuk tekanan kurang dari 50 kgf/cm2 [4,9 Mpa] yang umumnya berbahan besi cor untu silindernya.

begitu juga dengan kepala silinder yang terbagi menjadi dua macam bagian antara lain pada bagian sisi isap dengan satu bagian sisi tekan yang di mana di lengkapi dengan katup isap pada sisi isap dan di lengkapi katup tekan pada sisi tekan.

Selain kompresor torak juga terdapat kompresor ganda yang terdapat dua kepala yang terdapat pada kepala silinder yaitu kepala silinder atas dan kepala silinder bawah yang bagian dinding luarnya di beri sirip sirip pendingin atau selubung air pendingin

Torak dan cincin torak : bagian dari komponen yang mempunyai tugas terhadap tekanan gas atau udara sehingga torak dapat menahan kuat tekanan dan panas yang ditimbulkan.cincin torak tersebut juga terpasang pada alur alur torak yang berfungsi sebagai perapat antara torak dan dinding silinder tersebut.cincin torak di pakai pada kompresor dengan tekanan kurang dari 10 kgf/cm2.

Untuk jenis kompresor tegak dengan pelumasan minyak,yang terpasang pada sebuah cincin pengikis minyak yang di pasang pada alur bawah.sedangkan pelumasan pada kompresor tidak ada.bahan dari cincin torak terbuat dari bahan spesifik yaitu karbon atau teflon

Katup katup : pada kompresor membuka dan menutupnya secara otomatis tanpa ada mekanisme penggerak katup.membuka dan menutup katup tergantung dari tekanan yang terjadi antara bagian dalam dan luar silinder.untuk jenis katup yang biasa di gunakan adalah jenis katup pita ,katup cincin,katup kanal dan katup kepak.

Poros engkol dan batang torak : mempunyai fungsi utama sebagai pengubah gerakan putar menjadi gerak bolak balik.konstruksi dari kompresor torak ini hampir sama dengan motor bakar .ujung poros engkol berhubungan dengan transmisi daya sumber penggerak.bahan dari poros engkol terbuat dari bahan baja tempa

Kotak engkol : sebagai blok mesin kompresor dengan fungsi dudukan bantalan engkol yang bekerja dengan menahan beban inersia yang bergerak bolak balik serta gaya pada torak tersebut.pada kompresor yang memakai pelumasan minyak kotak engkol sekaligus sebagai tempat bak atau penampung minyak pelumas

Pengatur kapasitas : pada kompresor volume udara yang di hasilkan harus sesuai dengan kebutuhan.jika pemakaian kompresor terus menerus akan menyebabkan tekanan udara dan volume naik terus dan melebihi kebutuhan dan berbahaya terhadap peralatan.untuk pengukuran batas volume dan tekanan yang di hasilkan dengan menggunakan alat pembebas beban atau yang di sebut unloader

Pelumasan : bertujuan mencegah keausan,merapatkan cincin torak dengan paking,pendingin bagian bagian yang saling bergesek dan mencegah karat.pada kompresor tunggal biasanya di pergunakan sebagai kompresor berukuran kecil dengan pelumasan kotak engkol dan silinder jadi satu.

Beda dengan kompresor ganda yang biasanya di buat untuk ukuran sedang dan besar di mana silinder terpisah dengan rangka oleh paking tekan,maka harus di lumasi secara terpisah.

Pada kompresor kerja tunggal yang ukuran kecil pelumasan dalam maupun luar di kerjakan dengan cara bersama dan pelumasan dengan cara percik dengan pompa pelumas jenis seperti roda gigi Peralatan pembantu : komponen ini dapat bekerja dengan sempurna apabila di lengkapi dengan beberapa peralatan pembantu yang terdiri dari saringan udara,katup pengaman ,tangki udara dan peralatan pengaman yang lain untuk menghindari terjadinya kecelakaan

Post a Comment for "Bagian Utama Dari Kompresor Torak yang Harus Di Pahami"