Akibat yang di timbulkan limbah plastik bagi kehidupan

Dalam kehidupan sehari hari kita pasti kita mendengar yang namanya plastik.iya memang plastik banyak sekali keperluannya bagi rumah tangga maupun yang lainnya.karena plastik tersebut sebagai tempat bawaan yang ringan.akan tetapi plastik tersebut juga dapat mengganggu bagi kesehatan tubuh kita dan lingkungan sekitar.

Karena plastik tersebut menurut penelitian terdapat kandungan zat adiktif yang terkandung antara lain bisphenol.bila zat tersebut masuk ke dalam tubuh manusia akan beresiko terjadinya pra kanker pada payudara serta terganggunya pertumbuhan manusia.selain mengganggu pada kesehatan manusia juga mempunyai dampak terhadap lingkungan ,karena tanah sulit menguraikan sampah plastik tersebut apabila di timbun dengan tanah tersebut.

Jika kita teliti dalam keseharian kita pastilah banyak kita temukan bahan bahan yang mengandung zat adiktif tersebut,salah satu contoh yang bisa kita temukan adalah tempat menyimpan makanan yang tutupnya terbuat dari bahan plastik,karena barang tersebut mengandung bisphenol A.

Namun ada beberapa barang produksi tersebut yang aman dalam penggunaan bagi kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar,yang sudah lolos tes uji coba kandungan zat adiktif tersebut.

Akibat yang di timbulkan bagi lingkungan sekitar juga sangat banyak sekali antara lain tanah akan tercemari oleh partikel partikel plastik tersebut yang dapat mencemarinya,bahkan air juga akan tercemari karena di dalam lapisan tanah tersebut terdapat lapisan air juga.

Dalam proses penguraian sampah plastik tersebut membutuhkan banyak waktu,tidak hanya cukup ratusan tahun saja.dengan bahaya yang di timbulkan juga sangat berimbas pada fungsi penggunaan plastik yang sangat besar bagi kehidupan.jika limbah plastik tersebut di bakar akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan

Jika proses pembakarannya tidak sempurna.senyawa yang di timbulkan dari limbah plastik tersebut akan berdampak bagi kesehatan tubuh manusia dengan terjangkitnya penyakit kanker,hepatitis,pembengkakan hati,terjadinya gangguan sistem saraf dan terjadinya depresi.

Selain itu apabila hanya di buang saja akan menjadikan timbulnya bahaya banjir,dan dapat merusak turbin waduk apabila di buang ke sungai,serta mengganggu saluran air dan kumuhnya lingkungan sekitar apabila hanya di buang saja dan tidak di olah.

Pada tahap pembuangan sampah di lahan penimbunan tempat sampah ,limbah plastik tersebut mengeluarkan gas rumah kaca.bahayanya kantong plastik yang berwarna dan terutama dengan warna hitam merupakan proses daur ulang.untuk itu konsumen harap lebih teliti apabila mau mewadahi makanan ke dalam kantung plastik tersebut.

Karena dalam proses daur ulang tersebut biasanya menggunakan berbagai macam bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan tubuh kita.dengan begitu agar lebih aman penggunaannya di sarankan agar tidak menggunakan kantung plastik hasil daur ulang untuk mewadahi makanan siap saji.alangkah baiknya di bungkus dahulu.

Dalam keterangan dari JECFA-FAO/WHO monomer stiren tidak dapat mengakibatkan gangguan kesehatan apabila kandungan residu di dalamnya tidak lebih dari 5.000 bagian per juta.dengan begitu masyarakat agar lebih hati hati dalam penggunaan kemasan yang mengandung plastik terutama juga styrofoam dalam microwave,tak pernah menggunakan styrofoam yang rusak maupun perubahan bentuk pada tempat makanan yang berminyak atau berlemak apalagi dalam keadaan panas .

Dalam penelitian kandungan monomer vinil klorida [vcm] terdapat residu vcm yang dapat mengakibatkan kanker hati,senyawa timbal [pb] yang merupakan racun bagi ginjal dan saraf,senyawa kadmium [cd] juga merupakan racun bagi ginjal dan dapat mengakibatkan kanker serta paru paru.

Cara cara yang tepat dalam menanggulangi limbah plastik adalah sebagai berikut:

A.Dengan cara daur ulang adalah penanganan yang ideal ,akan tetapi perlu tahapan tahapan yang tidak mudah dalam daur ulang tersebut.harus melalui proses pengumpulan,pemisahan dan pembentukan ulang.

B.dengan cara incenerasi [pembakaran pada suhu yang tinggi].dalam pembakaran ini harus di lakukan dan di kerjakan dengan kontrol yang baik agar tidak terjadinya polusi udara.

C.dengan cara pembuatan plastik bio atau fotodegradable dengan bahan dasar dari zat tepung.produksi dari bahan ini terbilang memang mahal.

Agar pencemaran limbah plastik dapat terkurangi kita bisa melakukan dengan cara mengurangi penggunaan plastik ,sampah plastik di pisah dengan sampah organik sehingga bisa kita daur ulang kembali,jangan buang sampah sembarangan,sampah plastik jangan di bakar.dengan begitu akan dapat meminimalkan limbah plastik

Selain cara tersebut kita bisa menghindari bahaya terjadinya keracunan dengan cara :

penggunaan kemasan yang aman seperti gelas,jika makanan dan minuman berbau plastik jangan di makan maupun di minum,bungkuslah makanan terlebih dahulu dengan menggunakan daun atau kertas,pergunakan dot bayi yang tidak mengeluarkan zat karsinogenik,jangan menyimpan air minum maupun makanan dalam keadaan panas,pergunakan botol susu bayi dan cangkir bayi yang aman dalam penggunaannya.

jangan menyimpan air minum yang berbahan plastik,jangan menyimpan atau memanaskan makanan dengan menggunakan kemasan dalam plastik karena dapat mengakibatkan zat kimia dalam plastik tersebut terlepas dan cepat bereaksi.

Post a Comment for "Akibat yang di timbulkan limbah plastik bagi kehidupan"