Penyebab dan akibat dari gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang sering kita temui dalam kebanyakan orang.terkadang ada yang berlubang kecil dan kehitaman yang di timbulkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi.nama lain dari gigi berlubang adalah Karies,keterangan tentang karies yaitu kerusakan yang terjadi pada struktur jaringan keras gigi [email dan dentin]. yang di akibatkan oleh bakteri yang terdapat pada plak gigi.

Sewaktu kita mengkonsumsi makanan,terkadang kita tak sadar bahwa makanan tersebut menempel pada plak gigi tersebut.jika tidak di bersihkan lama kelamaan akan menimbulkan sakit gigi yang berjung ujung akan berlubang.untuk menjaga agar tidak terjadi berlubang kita harus menggosok gigi kita agar dapat terjaga kesehatan gigi kita.

Keterangan yang menyebabkan tentang terjadinya gigi berlubang antara lain sebagai berikut :

1.plak yang mengandung bakteri tersebut menempel pada gigi.

2.kita sering makan makanan yang manis dan lengket tanpa perduli akibat yang akan terjadi.

3.kita tidak teratur dalam sikat gigi dan tidak benar.

Jika kita makan makanan manis dan lengket akan melekat apabila bereaksi dengan bakteri yang terdapat di dalam mulut,yang akan mengakibatkan reaksi asam dan asam ini juga akan merusak email gigi sehingga akan terjadinya gigi yang berlubang [karies].

Agar kita tahu tentang gigi yang berlubang sebaiknya kita mengetahui macam macam gigi yang berlubang atau yang di namakan karies antara lain :

1.karies email,pada jenis karies ini tidak terasa sakit

2.karies dentin,pada jenis karies ini terasa sakit bila terjadi rangsangan pada gigi

3.karies pulpa,pada jenis ini pasien akan mengalami rasa sakit yang luar biasa/senut senut pada gigi.untuk sakit ini akan segera reda apabila segera di obati.tapi bila efek obat habis akan kembali mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Akibat yang di timbulkan dari gigi berlubang akan berpengaruh pada :

1.rasa sakit pada gigi yang berlubang

2.akan terjadinya bau mulut yang tidak enak

3.terjadinya sumber infeksi pada gigi

4.estetika pada gigi akan jelek [kecantikan gigi]

Untuk mencegah terjadinya sakit gigi kita harus mengetahui tentang tata cara yang baik dalam menjaga agar gigi kita sehat.cara tersebut antara lain sebagai berikut ini ;

1.sebaiknya kita gosok gigi dengan pasta fluoride minimal dua kali sehari.syukur syukur habis makan langsung gosok gigi.untuk pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2.jika terjadi makanan yang tersisa atau menyangkut pada celah celah gigi sebaiknya segera kita bersihkan agar tidak terjadi bakteri yang bereaksi

3.agar selalu sehat sebaiknya kita hindari makan makanan yang manis manis dan berlengket serta hindari minum minuman yang berkarbonasi.

4.selalu berkumur kumur agar sisa makanan selalu keluar.

Jika kita masih kebingungan dan masih membutuhkan pengetahuan yang lebih sebaiknya kita bertanya kepada dokter gigi yang telah kita tunjuk.untuk menjaga agar selalu sehat dan tidak terjadinya sakit gigi yang luar biasa.

Post a Comment for "Penyebab dan akibat dari gigi yang berlubang"