Resep membuat kuliner sambal gambas dengan cara sederhana

Gambas atau yang lebih di kenal dengan nama oyong merupakan salah satu sayuran yang mengandung sedikit sekali protein dan karbohidrat.sayuran ini boleh di gunakan sesukanya tanpa di perhitungkan banyaknya .untuk memasak sayuran gambas [oyong ] ini lebih baiknya di kukus terlebih dahulu

Untuk membuat sambal gambas [oyong] terdapat dua macam cara .lebih utamanya dalam memasaknya kalau bisa dengan cara di kukus,adapun ada yang di rebus itu sesuai selera. Untuk langkah yang pertama lpilihlah sayuran gambas[oyong] yang berkualitas atau tidak pahit. Kadang kita sering menemukan rasa yang pahit pada sayuran gambas[oyong].kemungkinan itu bisa terjadi di karenakan banyak beberapa faktor antara lain salah satunya mungkin saja dari awal menanam dengan kualitas bibit yang tidak bagus , proses penyiraman menggunakan air yang tidak sesuai untuk sayuran ,bisa saja pupuk yang di gunakan atau penyebab yang lainnya.memang terkadang kita membelinya tanpa sadar terasa pahit bila sudah di masak.

Sedangkan pengetahuan kita sedikit tentang cara mengetahui gambas yang tidak pahit, untuk itu perlu ketelitian dalam memilihnya.salah satu cara yang mungkin bisa kita amati adalah dengan melihat bentuk dari gambas tersebut,bila terdapat cacat pada gambas tersebut jangan memilihnya,atau cara yang lain dengan indera perasa kita [ kita potong belahan kecil gambas tersebut dan kita coba rasakan] cara ini sederhana sekali dan biasa di pergunakan para tukang masak tradisional.

Untuk langkah pembuatan dengan cara di kukus antara lain :

1.kupaslah sayuran tersebut dan cuci dahulu sebelum di kukus.

2.siapkan beberapa butir bawang putih sesuai kebutuhan [minimal 2 butir]

3. siapkan kencur secukupnya

4. cabe secukupnya di sesuaikan dengan selera pedasnya..

5. trasi , garam dan penyedap rasa secukupnya

6 . santan yang telah di peras terlebih dahulu.

Untuk yang tidak suka pedas bisa dengan cara di keluarkan isi dari cabe tersebut terlebih dahulu sebelum di kukus agar rasa pedasnya bisa hilang .

Langkah selanjutnya adalah dengan proses memasaknya sebagai berikut

Pertama tama ambillah sayuran gambas [oyong ] yang telah di kupas tadi kemudian masukkan ke tempat pengukusan bersama dengan lombok , bawang putih , santan yang telah di peras , kemudian cabe juga ikut masuk ke tempat pengukusan.untuk trasinya sebagai bahan sambal bisa di bakar atau di kukus setelah proses pengukusan maupun perebusan selesai.sayuran gambas atau yang lebih di kenal dengan oyong terlihat matang ambillah dan siapkan cobek untuk mengulegnya.

Kemudian masukkan semua bahannya dan uleg sesuai selera [mau di buat halus atau tidak] setelah di uleg kasih penyedap rasa , garam secukupnya.dan ambillah santan yang mengendap di atas terlebih dahulu untuk di campur ke dalam cobek, setelah itu baru santan kentalnya.setelah proses semua selesai hidangkan

Untuk proses di rebus caranya hampir sama dengan cara di kukus.bedanya hanya di rebus saja . apabila di rebus jangan terlalu lama karena kandungan protein dan karbohidratnya bisa hilang. itulah beberapa cara menurut versi saya,semoga bermanfaat.adapun cara yang lainnya bisa di sesuaikan dengan ide maupun kreatifitas masing masing.

Masakan sambal gambas atau oyong ini sebagai masakan tradisional yang simpel dan mudah di buat.selain proses yang mudah juga cocok untuk hidangan dengan nasi yang hangat beserta sayur bening atau dalam bahasa jawanya jangan kunci.masakan sambal oyong ini juga tidak kalah rasanya dengan masakan modern.jika anda penasaran bisa mencobanya

Post a Comment for " Resep membuat kuliner sambal gambas dengan cara sederhana"