6 Hal Yang Harus Kita Perhatikan Disaat Mencuci Tangan

Langkah dalam hal mencuci tangan terkadang banyak yang di anggap sepele bagi setiap kalangan.hal tersebut yang dapat menimbulkan beberapa penyakit yang tidak kita sadari dan salah satu penyakit tersebut TBC.sedangkan manfaat cuci tangan sebelum melakukan semua aktifitas itu lebih baik untuk menjaga kesehatan kita.daripada kita terserang penyakit lebih baik mencegahnya terlebih dahulu.

Cuci tangan dapat kita lakukan dengan menggunakan sabun darn air yang mengalir ataupun handrub.bila tangan kita terlihat bersih cukuplah dengan mencuci tangan kita menggunakan hand rub.pertanyaan yang timbul selalu mengatakan kenapa harus menggunakan hand rub.karena tangan kita terlihat bersih dan cukup dengan handrub saja,lebih meyakinkan lagi bisa mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Sedangkan kegiatan yang banyak dilakukan ketika mencuci tangan adalah saat kita berada dirumah sakit.karena mempunyai tujuan untuk mencegah timbulnya berbagai macam infeksi dan juga dapat mencegah penyebaran infeksi.serta dapat menghilangkan bakteri dan virus yang diakibatkan infeksi dan juga dapat membersihkan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Dalam berbagai macam penelitian yang pernah dilakukan Canters For Disaese Control and Protection [CDC] menyatakan bahwa langkah terpenting untuk mencegah penularan infeksi adalah dengan mencuci tangan yang efektif.dan dapat mencegah berbagai macam penyakit antara lain seperti keterangan di bawah ini :

Penyakit infeksi antara lain influenza,infeksi,saluran nafas,tuberculosis [TBC] measles,chicken pox,infeksi kulit [sperti impetigo],infeksi saluran pencernaan [diare] dan masih banyak yang lainnya.

Lalu bagaimanakah kita mencuci tangan yang tepat ?

sebaiknya kita mencuci tangan seperti di bawah ini :

  1. Ratakan dengan kedua telapak tangan
  2. Gosok punggung dan sela sela pada jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela sela jari kita
  4. Kita gosokkan punggung jari tangan kanan pada telapak tangan kiri denganjari sisi dalam kedua tangan saling mengunci
  5. Ibu jari tangan kiri kita gosokkan dengan berputar putar dalam genggaman tangan kanan dan begitu juga dengan sebaliknya
  6. Gosok dengan berputar pada ujung jari jari tangan kanan dengantelapak tangan kiri dan begitu juga dengan sebaliknya.

Untuk penggunaan handrub dikerjakan dengan waktu sekitar 20-30 detik

Dan bagi siapakah saja yang perlu dan wajib untuk mencuci tangan ? jawabannya mungkin seperti keterangan di bawah ini ;

  1. Setiap orang yang selalu kontak dengan pasien,seperti dokter ,perawat dan petugas kesehatan harus terlebih dahulu untuk mencuci tangan
  2. Setiap orang yang ingin menjaga kesehatannya dan melakukan berbagai aktifitas.
  3. Setiap orang yang selalu kontak dengan pasien meskipun tidak langsung
  4. Setiap orang yang menangani orang sakit dan bekerja dirumah sakit

Bila semua pedoman mencuci tangan diterapkan akan dapat menjaga kesehatan kita dari terserang infeksi dan bakteri

Sumber inspirasi di peroleh dari : Pedoman who 2009 ,Prosedur kerja/SPO mencuci tangan dari Komite PPI RS Jiwa Grhasia DIY

Post a Comment for "6 Hal Yang Harus Kita Perhatikan Disaat Mencuci Tangan"