Cara Yang Benar Dalam Penggunaan Palu Dan Batang Kuningan

Palu dan Batang kuningan sering kita ketahui dalam perbaikan bengkel,baik itu dalam dunia otomotif maupun dunia mesin industri.namun kedua peralatan bantu tersebut perlu kita ketahui tentang cara penggunaan yang baik dan benar.jangan sampai kita pergunakan palu dan batang kuningan tidak pada fungsi yang sebenarnya.

Jika hal tersebut kita langgar kemungkinan yang terjadi akan merusak peralatan yang sedang kita perbaiki.sehingga kita memerlukan sikap kehati hatian dalam tindakan apapun dibengkel maupun didunia industri.

kegunaan palu dalam dunia otomotif biasanya dipergunakan untuk membuka dan memasang suku cadang.jenis dari palu yang lunak biasanya kita pergunakan untuk mencegah dari kerusakan pada bagian yang sedang kita pukul.salah satu contoh pemasangan menggunakan palu dari bahan plastik tersebut yaitu memasukkan piston ke dalam mesin yang memerlukan dorongan ke dalam mesin untuk distel.

Pada saat kita menggunakan palu kita harus memegang pada bagian ujung,tidak ditengah dan pukullah tepatmengenai sasaran dengan merata pada bagian bidang yang kita pukul.apabila kita memukul tidak merata atau tidak benar dalam penggunaannya,muka palu akan mengalami pengembangan seperti halnya cendawan.

Dalam penggunaan palu sebaiknya kita teliti dahulu kepalanya terjadi longgar atau lepas.jika lepas sebaiknya kita pukul pasaknya terlebih dahulu agar menjadi aman,dan tidak mengenai kita maupun orang lain

Sedangkan fungsi dari batang kuningan adalah sebagai alat bantu yang dirasa perlu penggunaannya.

Ketika waktu memukul benda dengan palu dalam usaha untuk membuka maupun memasang sesuatu yang keadaannya membutuhkan batang kuningan dengan cara disisipkan diantara palu dan benda tesebut untuk mencegah terjadinya pukulan langsung.

Biasanya dipergunakan untuk membuka roda gigi yang sulit untuk dibuka tanpa bantuan batang kuningan.

Pada saat kita menggunakan batang kuningan kita harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya agar tidak terjadi kesalahan.pertama tama batang kuningan tersebut hanya boleh dipakai untuk membuka ditempat yang telah ditentukan oleh buku petunjuk maupun pedoman reparasi.

Dan biasanya tidak dipakai pada bagian yang menggunakan sst.pada saat setelah digunakan berulang ulang,batang kuningan atau yang disebut dengan brass bar biasanya terjadinya aus dibagian ujung .oleh karena itu perlu kita gerinda terlebih dahulu supaya bisa kita pergunakan kembali.

Dengan alat bantu kuningan kita bisa membuka maupun memasang kembali tanpa kesulitan apapun,karena lokasi benda yang dalam dan tidak dapat dijangkau dengan alat obeng maupun yang lainnya.alat tersebut biasanya terdapat pada dunia industri maupun otomotif.tata caranya penggunaan batang kuningan maupun palu berdasarkan petunjuk maupun pedoman reparasi dengan penggunaan yang benar dan tepat.

Post a Comment for "Cara Yang Benar Dalam Penggunaan Palu Dan Batang Kuningan"