Resep Membuat Asem Asem Balungan

Kuliner asem asem balungan merupakan masakan yang nikmat dan lezat dengan terdiri dari kuah dan sayuran yang segar.apalagi dalam balungan tersebut terdapat sumsum yang bisa kita nikmati kesegarannya.masakan ini berbahan dasar dari balungan sapi maupun balungan kerbau yang masih muda dengan cara direbus terlebih dahulu.

Asem asem balungan memang dari dahulu kala sudah terkenal dimana mana,sampai ke pelosok desa sudah mengenalnya.masakan ini lebih nikmat lagi disajikan dengan nasi yang hangat.untuk masakan ini memang mengeluarkan biaya yang lumayan cukup banyak,karena harganya yang mahal.

cara untuk membuat masakan asem asem balungan ini bervariasi caranya.untuk kali ini resep yang sederhana saya gunakan adalah dengan cara sebagai berikut ini

Kita persiapkan bahan bahannya terlebih dahulu antara lain terdiri dari balungan dan daging sekitar 500 gram,sayuran buncis,lombok hijau,tomat hijau yang masih segar segar.

Sedangkan untuk bumbu tradisionalnya antara lain seperti berikut ini,6 biji brambang,4 biji bawang,asem,garam,kecap,2 biji kemiri,penyedap rasa,4 ruas jahe,gula1 sendok.

sebelum kita masak balungan sapi maupun kerbau tersebut alangkah lebih baiknya kita cuci dahulu balungannya sampai bersih.setelah bersih kita rebus balungan dan daging yang sudah kita potong potong sesuai selera sampai empuk sekitar 1 jam atau 2 jam,agar tidak berisi balungan saja,bisa ditambahkan dengan dagingnya.

Setelah empuk kita persiapkan ompreng terlebih dahulu dan masukkan balungan,untuk kuahnya kita saring terlebih dahulu supaya sisa perebusan tidak ikut terbawa semuanya.

Kita uleg bumbu bumbu tersebut sampai dengan halus dan untuk sayurannya kita potong potong sesuai selera,sedangkan jahenya kita memarkan saja dan bakar terlebih dahulu supaya terasa jahenya.

masukkan sayuran,lombok hijau,tomat hijau yang sudah kita potong potong sesuai selera.dan masukkan jahe,asem,bumbu yang sudah ditumis ke dalam ompreng,kasih penyedap rasa,garam,gula secukupnya biar rasanya tidak hambar

Setelah mendidih baru kita cicipi rasanya,apabila dirasa kurang bisa ditambahkan dengan sesuai selera.

Untuk masakan asem asem balungan ini,untuk dagingnya mengandung sumber protein hewani yang berkadar lemak sedang.sedangkan untuk sayuran buncisnya masuk kedalam golongan sumber vitamin terutama karotin dan vitamin c dan juga terdapat sumber mineral.

Dengan mengetahui kandungan gizinya kita dapat menentukan mana masakan yang cocok untuk kebutuhan gizi kita dan mana yang tidak cocok.masakan ini memang sering dikonsumsi bagi yang kekurangan sumber protein,namun apabila kelebihan juga tidak bagus bagi kesehatan tubuh kita.sehingga kita harus benar benar tahu tentang kandungan gizi dari setiap makanan yang kita konsumsi

Post a Comment for "Resep Membuat Asem Asem Balungan"