Bagaimanakah cara kita menggunakan kunci soket yang benar dalam dunia industri ?

Untuk penggunaan alat bantu seperti soket harus kita ketahui cara yang tepat dalam penggunaannya,baik dalam dunia industri maupun dunia otomotif.karena alat seperti ini sering kita temui dalam dunia tersebut,sehingga kita harus menggunakan sesuai petunjuk dan aturan keselamatan kerja.jangan sampai kita sendiri yang mengalami kecelakaan kerja yang di akibatkan penggunaan yang tidak tepat dan benar.

Sedangkan fungsi dari kunci soket itu sendiri untuk mengendorkan dan mengencangkan mur dalam posisi apapun dengan aman dan cepat.dengan berbagai macam kombinasi yang ada antara lain dengan adanya gagang pemutar,gagang luncur,rachet handle [kotrek],adaptor soket,sambungan,joint universal,dan soket itu sendiri.dengan banyaknya kelengkapan peralatan soket tersebut memudahkan kita dalam penggunaan perbaikan yang dirasa sulit untuk dijangkau dengan alat yang lainnya.

Dengan memperhatikan penggunaan kunci soket tersebut seperti halnya :

1.dengan pemilihan kunci soket tersebut sesuai dengan mur maupun baut.dengan cara menyelaraskan posisi terhadap mur atau bautnya dengan sepenuhnya [sejajar].

2.ketika penggunaan sambungkan dengan adaptor soket.

Untuk batang penyambung dan joint universal dengan cara :

1.ketika mur tidak bisa kita jangkau dengan kunci soket dan tidak bisa bergerak bebas sebaiknya kita ambil batang penyambung yang sesuai.

2.ketika sambungan tersebut tidak dapat masuk pakailah joint universal.

Pada saat menggunakan gagang luncur ,untuk momennya dapat kita stel dan begitu juga dengan pengatur ungkitannya.sedangkan pemakaian gagang putar terdapat pegangan gagang yang dapat diperpanjang,diputar,serta perubahan terhadap pengungkitan dan momen dapat kita stel sesuai dengan kebutuhan kita.selain itu juga terdapat joint universal yang berguna untuk membantu membuka mur dan baut dalam posisi yang sulit dengan cepat ,dapat diputar dan dapat mengangkat dengan tuas.

Dengan dilengkapi ratchet[kotrek] yang berputar searah saja dapat mempercepat pekerjaantan tanpa mengangkat soket dari mur atau baut terlebih dahulu.selain itu juga dapat kita rubah arah dari ratchet oleh tuas pengunci ratchet.agar penggunaan ratchet dapat bertahan lama sebaiknya menghindari daya tarik yang kuat.karena memerlukan daya tarik yang lebih besar sebaiknya menggunakan gagang putar.

Dari begitu banyaknya kelengkapan dari kunci soket tersebut dapat meringankan pekerjaan kita dalam dunia industri maupun otomotif.dengan mematuhi tata cara penggunaan alat yang benar dan tepat,sehingga umur alat tersebut dapat tahan lama dan kita terhindar dari terjadinya kecelakaan kerja.

Post a Comment for "Bagaimanakah cara kita menggunakan kunci soket yang benar dalam dunia industri ?"