Penyebab terjadinya radang gusi serta gejala dan tandanya

penyakit radang gusi merupakan salah satu bagian yang sering diderita karena kebanyakan orang yang disebabkan beberapa faktor.karena penyebab yang kurang begitu dipahami sehingga terjadinya radang gusi.radang gusi mempunyai bahasa lainnya yaitu gingivitis yang merupakan peradangan gusi dengan ditandai terejadinya perubahan bentuk dan warna gusi.timbulnya radang gusi bisa terjadi kapan saja setelah timbulnya gigi.

Terjadinya radang pada gusi dengan nampak warna merah,sering keluar darah pada gusi yang terjadi kapanpun karena terjadinya rangsangan pada saat kita menyikat gigi dan terkena gusi.atau bisa juga terjadi tanpa ada rangsangan.dan penyebab yang biasa terjadi pada umumnya antara lain :

karena adanya terdapat sisa makanan [plak] sewaktu kita sedang makan pada gigi

mungkin salah dalam menggosok gigi,sehingga terkena gusi

terjadinya gigi kering dan mudah iritasi karena bernafas melalui mulut

karena terjadinya pubertas,stres,terlalu sering mer0k0k,haid yang tidak teratur,kehamilan dan faktor lain antara lain diabetes melitus.

Sedangkan gejala dan tandanya terdapat beberapa macam antara lain ;

Mulut terasa berbau,gusi kita bengkak,mudah berdarah,tanpa nyeri,kadang juga terasa gatal. Jika kita periksa gusi terlihat bengkak,berwarna merah dan mudah berdarah pada sondasi

Tidak menjaga kebersihan mulut.

Sukar membuka mulut dan demam merupakan perikoronitis yang gejalanya sangat berat[salah satu bentuk radang gusi]

dengan rajin menggosok gigi secara benar dan teratur sesuai anjuran dokter gigi,minimal 2 kali sehari,rajin menjaga kebersihan mulut,membersihkan rongga gigi mulut setiap 3 atau 6 bulan sekali,membersihkan karang gigi oleh dokter gigi,banyak minum air putih,menghindari mer0k0k merupakan cara yang terbaik untuk mencegah terjadinya radang gusi atau gingivitis.

Selain memperhatikan cara tersebut dapat juga mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin c karena berkhasiat sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.sumber vitamin c terdapat pada buah buahan segar seperti jambu biji,jeruk,tomat,sirsak,dan mangga.

Dengan memperhatikan anjuran dokter gigi dapat mencegah terjadinya radang gusi maupun penyakit gigi yang lainnya..untuk mengkonsumsi buah buahan bisa menanyakan langsung kepada ahli gizi,supaya dapat mengetahui manfaat dan kandungan gizi

Post a Comment for "Penyebab terjadinya radang gusi serta gejala dan tandanya"