Bahayanya Hipertensi yang terjadi pada tubuh kita

Hipertensi atau yang bisa kita sebut dengan darah tinggi dalah tekanan darah yang sistolik[atas] sama dengan atau lebih dari 140 mmHg dan tekanan diastolic mmHg.seringnya kita mengalami emosi dan strees juga dapat mengakibatkantekanan darah tinggi atau disebut dengan hipertensi yang berarti tekanan darah akan mengalami kenaikan di dalam arteri arteri.

Sedangkan arteri arteri tersebut adalah pembuluh pembuluh yang mengangkut darah dari jantung yang memompa pada seluruh jaringan dan organ tubuh manusia.

Hipertensi ini juga terbagi dalam dua macam antara lain :

1.Hipertensi primer atau yang bias disebut dengan esensia – merupakan hipertensi yang tidak kita ketahui asal muasal penyebabnya.seperti halnya kita dalam keadaan strees,obesitas,mer0k0k.

2.Hipertensi sekunder – merupakan hipertensi yang diketahui asal muasal penyebabnya.hipertensi ini mudah diketahu penyebabnya seperti halnya ; penyakit ginjal,makanan yang mengandung garam.

Hipertensi juga mempunyai efek yang bahaya bagi tubuh kita antara lain seperti terjadinya :

1.Tersumbatnya pembuluh jantung dalam tubuh kita –ketika tekanan darah kita mengalami kenaikan dalam arteri di seluruh jaringan tubuh,yang akan dapat mengakibatkan otot jantung bekerja lebih keras dalam memompalewat pembuluh darah dan dapat mengakibatkan terjadinya otot jantung yang membesar

2.Terjadinya stroke – jika terjadi hipertensi yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan stroke yang dapat mengakibatkan kerusakan otak atau syaraf hingga mengalami kebocoran darah/laking blood [hemorrhage] maupun gumpalan darah yang mensuplay darah ke otak lewat pembuluh darah.

3.Gagal ginjal –jika terjadi tekanan darah yang tinggi dapat meningkatnya kadar serum keratin yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada ginjal.

4.Dapat terjadinya pengerasan dari arteri arteri – terjadinya peningkatan dalam tekanan darah yang terjadi pada arteri di seluruh jaringan pada tubuh kita yang sering terjadi dan akan membuat arteri keras.

Dari banyaknya bahaya terhadap tubuh kita,sebaiknya kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan berolahraga dan makan makanan yang mengandung banyak gizi serta sering berkonsultasi dengan dokter

Sumber : [WHO,1999]

Post a Comment for "Bahayanya Hipertensi yang terjadi pada tubuh kita"