Cara kita merawat ban agar nyaman dan aman dalam berkendara

Ban adalah salah satu bagian dari kendaraan yang juga memerlukan perawatan dan kontrol yang rutin.tanpa ban tersebut kendaraan tidak akan dapat meluncur.dalam pengertian ban merupakan bagian yang langsung dengan permukaan tanah.

Makanya kita harus dapat merawat dan kontrol tekanan udara ban.sehingga kita bisa aman,nyaman serta ekonomis dalam berkendara.arti aman dan nyaman adalah tanpa ada gangguan apapun saat kita berada di jalan dan kita dijauhkan dari namanya ban yang meletus yang diakibatkan tekanan udara yang berlebihan.itulah yang dikatakan ekonomis,yang berarti kita tidak perlu sering mengeluarkan uang untuk mengganti ban lama dengan ban yang baru.

Tekanan ban juga harus disesuaikan dengan spesifikasi setiap ban.misalnya saja kita mengisi ban mobil dengan ban motor,itu sudah berbeda tekanan udara bannya.jika terjadi tekanan udara ban yang berlebihan dapat mengakibatkan masalah yang kita hadapi antara lain :

Terjadinya penurunan kemampuan pengereman dan kendaraan tidak stabil yang diakibatkan berkurangnya bidang gesek thread.Kurang nyaman dalam berkendara.

Cepat aus pada bagian tengah thread

Mudah rusak pada lapisan benang yang terjadi karena adanya tumbukan dari luar

Terkelupasnya lapisan karet thread dengan mudah yang diakibatkan terjadinya gesekan pada bagian tengah thread.

Sedangkan tekanan ban yang kurang juga berpengaruh pada ban diantaranya ;

Banyak menyerap tenaga dan menghabiskan bahan bakar lebih banyak yang diakibatkan gesekan ban dengan jalan bertambah Akan terasa berat pada kemudi.

Tepi ban cepat aus

Ban menjadi lentur sehingga pada temperatur dalam bertambah.hal seperti terjadi karenan tekanan udara ban yang kurang.dan apabila dalam kecepatan tinggi ban akan mudah meletus atau pecah. Biasanya disaat kecepatan sedang tinggi terjadi standing wave dan akan terjadi hidroplaning.

Keduanya merupakan hal yang perlu kita perhatikan dengan serius.lantas bagaimana cara kita memeriksa tekanan udara ban yang baik ?

cara kita memeriksa tekanan udara ban dengan cara sebagai berikut ini : Jika mau menambah dan memeriksa tekanan ban sebaiknya dalam keadaan ban dingin Selalu menggunakan alat pengukur tekanan udara ban atau yang disebut dengan tire pressure gauge serta jangan diperiksa secara visual saja.

Sesuaiakan dengan spesifikasi ban dalam pedoman reparasi,pedoman pemilik kendaraan agar kita mengetahui tekanaudara ban yang benar.

untuk bermacam macam tingkat beban.biasanya tekanan udara ban pada mobil seperti daihatsu pada sebelah body kanan dekat kemudi yang ada lekukannya atau diatas slebor.

Jika tekanan udara ban bertambah yang diakibatkan panas,jangan mengurangi kelebihan udara pada ban.karena tekanan ban akan normal kembali pada saat ban dalam keadaan dingin.dan apabila kita mengeluarkan ban pada saat panas,maka akan terjadi penurunan tekanan udara dibawah normal setelah ban tersebut dingin.

Kita harus sering memperhatikan pentil dalam keadaan baik dan tidak bocor setelah dilakukan pemeriksaan tekanan udara.jika terjadi bocor kecil pada pentil motor juga akan berpengaruh terhadap tekanan udara dan harus mengganti ban dalam dengan ban baru jika terdapat ban dalam.

Post a Comment for "Cara kita merawat ban agar nyaman dan aman dalam berkendara"