Resep membuat sambal terong ungu

Sambal merupakan masakan yang terasa pedas dan nikmat apabila disantap dengan menggunakan nasi hangat.begitu juga dengan banyaknya aneka macam sambal yang bisa dibuat.seperti halnya pembuatan sambal terong,sambal gambas[oyong],sambal jantung pisang maupun sambal goreng.

Dengan begitu banyaknya varian yang bisa dibuat menjadi sambal goreng ternyata mempunyai kandungan gizi yang berbeda beda dalam setiap kandungan sayuran dan bahansr membuat sambal tersebut.

Untuk sayuran yang namanya terong ungu yang akan kita buat sambal terong ini ternyata mempunyai kandungan protein dan karbohidrat yang sangat sedikit.jadi sayuran ini boleh digunakan sekehendak yang kita inginkan tanpa memperhitungkan banyaknya.

Dari kandungan gizinya tentu kita bisa mengetahui makanan apa yang bisa kita konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan gizi kita.terong ungu juga bisa kita buat dengan berbagai macam masakan.kali ini kita akan membuat resep membuat sambal terong ungu yang sederhana dan mudah di praktekkan.

Langkah yang pertama tentu kita persiapkan bahan bahannya antara lain ;

  1. terong ungu 3 biji atau sesuai selera [dengan memilih yang masih bagus dan segar]
  2. lombok sesuai selera pedasnya
  3. brambang 6 butir
  4. bawang putih 2 butir
  5. trasi secukupnya,santan yang kental dan matang ½ gelas
  6. garam,penyedap,kencur 2 ruas
  7. saos botol indofood atau saos botol abc

peralatan yang disiapkan antara lain :

  1. pemanggang ikan
  2. cobek beserta ulegannya

Untuk cara memasaknya kita persiapkan dulu pemanggang yang sering kita gunakan untuk membakar ikan dan lainnya.sebelum kita bakar terong kita cuci terlebih dahulu sampai bersih.setelah bersih baru kita tempatkan di atas pemanggang sampai terlihat matang kulitnya.

Dan setelah matang baru kita kelupas terlebih dahulu kulit yang sudah matang dan kita ambil isinya dan kita taruh pada cobek.setelah itu baru kita masukkan bumbu bumbu tersebut antara lain brambang,bawang,trasi,garam kedalam cobek dan kita uleg.untuk kencurnya kita memarkan saja

Setelah halus baru masukkan terong yang sudah diambil isinya dan kita tambahkan santan yang kental tersebut beserta saos dan penyedapnya.kita bolak balik hingga bumbu meresap merata dan kita siap hidangkan kedalam piring.resep ini memang sangat sederhana dan mungkin berbeda dengan resep yang lainnya.apabila tidak suka dengan santan bisa juga tidak memakainya.mengapa ada santan dalam sambal tersebut,agar terasa gurih dan sedap pada masakan sambal terong ini

Post a Comment for "Resep membuat sambal terong ungu "