Macam Macam Transmisi dan Sistem Transmisinya

Dalam kendaraan bermotor transmisi merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan.pda umumnya menggunakan perbandingan perbandingan roda gigi.transmisi juga dipergunakan untuk mengatasi beberapa hal dengan cara merubah perbandingan gigi tersebut.,merubah momen,kecepatan kendaraan,kendaraan bergerak mundur,,kendaraan diam pada saat netral.

Sedangkan rangkaian dari pemindahan tenaga tersebut berawal dari sumber tenaga ke sistem pemindah tenaga antara lain masuk ke unit kopling yang di teruskan ke transmisi ke propeller shaft setelah itu baru ke roda melalui poros differential.

adapun macam macam transmisi yang perlu kita ketahui antara lain sebagai berikut :

Transmisi Manual yang di bedakan menjadi beberapa macam antara lain:

transmisi dengan roda gigi geser tiga percepatan [pada tipe seperti ini shift arm menggerakkan langsung roda gigi percepatan yang terpasang pada spline main shaft yang berfungsi sebagi penghubung dan pemutus antar gigi percepatan dengan counter gear]

Transmisi dengan roda gigi tetap [sistem seperti ini pemindahan roda gigi tidak terjadi,namun hanya perlu menambah kopling geser]

Transmisi synchromesh [ tipe seperti ini perpindahan giginya lebih halus ,syncromesh berfungsi menyamakan putaran roda gigi yang akan berhubungan dengan cara pengereman]

Transmisi otomatis Fluid type [fully hydrolic],electric type, cvt [ continous variable transmission]

Untuk komponen dari transmisi manual adalah sebagai berikut :

Poros input transmisi atau transmission input shaft yaitu komponen yang berfungsi menerima moment outpoutdari unit kopling

Roda gigi transmisi atau yang di sebut transmission gear berfungsi merubah input dari mesin menjadi outpout gaya torsi dengan meninggalkan transmisi sesuai dengan kebutuhan kendaraan tersebut

Gigi penyesuai atau yang disebut synchromesh yaitu perlengkapan pemindahan kecepatan pada putaran yang tinggi

Tuas pemindah persenelling dan garpu pemindah adalah alat yang berfungsi untuk memindah maupun mengoperasikan transmisi

Outpout shaft atau poros outpout adalah alat untuk penyalur moment atau tenaga yang sudah di proses melalui reduksi ke komponen sistem pemindah tenaga yang selanjutnya

Mekanisme dari transmisi manual berfungsi sebagai penyedia hubungan antara pengemudi dengan transmisi sehingga mekanisme dari pengoperasiannya sebagai sarana pengendali bekerjanya transmisi oleh pengemudi,sehingga bisa memilih gigi kecepatan kendaraan yang sesuai dengan beban kendaraan dan situasi keadaan

Post a Comment for "Macam Macam Transmisi dan Sistem Transmisinya"