Proses Tanam dengan Media Hydroponik Mempunyai Banyak Manfaatnya

Dalam kehidupan sehari hari banyak kita temui bahwa setiap orang menanam dengan proses tanam dengan cangkok maupun okulasi,steak dan masih banyak proses tanam yang lainnya .berbagai macam proses tanam tersebut juga mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan masing masing.

Salah satu proses tanam yang akan kita bahas kali ini adalah sistem tanam dengan proses hydroponik.kata hydroponik merupakan dari bahasa yunani yang artinya hydro adalah air sedangkan ponous adalah kerja dalam proses penanaman

dari system hydroponik ini menggunakan cara bercocok tanam dengan menggunakan air,nutrisi dan oksigen .banyak sekali yang memanfaatkan proses tanam dengan system seperti ini karena kelebihan maupun keuntungan yang di dapat dari proses tanam seperti ini

Memang proses tanam seperti ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran ,juga memerlukan biaya yang sangat besar dalam menanamnya.walaupun begitu saat ini banyak komunitas hydroponik yang berperan serta dalam proses tanam seperti ini.

Adapun kelebihan proses tanam secara hydroponik antara lain adalah sebagai berikut :

1. untuk lahan yang di gunakan dapat lebih efisien

2 .tanaman berproduksi tanpa menggunakan media tanah

3. untuk kualitas dan kuantitas dari hasilnya lebih tinggi dan lebih sehat

4. untuk penggunaan dari pupuk dan air lebih efisien

5. dapat menjaga dari gangguan hama dan penyakit yang lain lebih mudah dan dapat di kontrol dengan teratur.

Adapun kekurangannya antara lain :

1.dalam kebutuhan biaya sangat besar

2. kulstur bersifat substrat , kapasitas untuk memegang air media substrat sangat kecil , sehingga tanaman yang di hasilkan cepat layu dan mudah stres yang berkepanjangan.

Untuk bahan tanam hydroponik media substrat yang saya tahu antara lain memerlukan sebagai berikut : pasir , arang sekam , batu apung , cocopeat ,rockwoal, spons ,kerikil , pralon untuk tempat tanamnya .dengan cara hydroponik kualitas dan kuantitas dari tanaman tersebut sangat tinggi serta sehat.

Walaupun banyak kekurangan dalam proses tanam seperti ini , masih banyak yang mencoba system tanam hydroponic.sebagai perbandingan antara proses tanam ini dengan proses tanam yang lainnya .sehingga biar mendapatkan hasil yang maksimal dari proses tanamnya.

Komunitas hydroponik juga mulai berkembang di berbagai daerah .dengan mengikuti instruksi atau tata cara dari penanaman system ini dari para pakar pakar ahlinya dalam bidang tanam hydroponik.selain itu banyak aplikasi aplikasi yang di berikan kepada para anggota komunitas beserta buku panduan dalam menanam tanaman dengan media seperti ini.

Post a Comment for "Proses Tanam dengan Media Hydroponik Mempunyai Banyak Manfaatnya "