Komponen Komponen Utama Dalam AC atau yang Disebut Air Conditioner

Kita pasti tahu komponen dalam kendaraan mobil maupun yang lainnya dengan fungsi sebagai pendingin ruangan.komponen tersebut namanya adalah AC atau yang di sebut air conditioner.namun perlu kita ketahui bahwa rangkaian dari peralatan yang disebut komponen ac dengan fungsi pendingin udara tersebut sangat bertujuan membantu kita pada saat di dalam ruangan mobil yang terasa penat agar sejuk dan nyaman

Juga perlu kita ketahui bahwa sistem pendingin tersebut mempunyai beberapa komponen antara lain sebagai berikut :

Kompresor dengan fungsi memompakan refrigrant yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga juga akan mengakibatkan temperatur naik juga

Condenser yang berfungsi penyerap panas pada refrigrant yang telah dikompresikan oleh kompresor dengan mengubah refrigrant tersebut dengan bentuk gas menjadi cair [dingin]

Dryer yang berfungsi penampung refrigrant cair untuk sementara yang selanjutnya dialirkan ke evaporator melalui expansion valve sesuai dengan beban pendinginan yang dibutuhkan,selainitu juga berfungsi sebagai filter untuk penyaring uap air dan kotoran yang dapat merugikan bagi siklus refrigrant

Expansion valve yang berfungsi sebagai pengabut refrigrant ke dalam evaporator agar refrigrant cair tersebut segera berubah menjadi gas.untuk pembukaan valve tersebut tergantung dari besar kecilnya tekanan dalam gas evaporator dari heat sensitizing tube

Evaporator merupakan kebalikan dari cindenser yang berfungsi sebagai penyerapa panas dari udara yang melalui sirip sirip pendingin evaporator sehingga udara tersebut menjadi angin

Manifold gauge adalah alat yang berfungsi sebagai pengosong atau pengisi refrigrant yang juga sebagai alat mengidentifikasi gangguan gangguan yang terjadi pada komponen ac

Dalam sistem AC tersebut mempunyai siklus pendinginan dengan rangkaian yang tertutup.agar suhu dalam ruangan mobil terjaga dingin komponen utama tersebut harus terjaga dari kerusakan.biasanya yang sering terjadi udara dalam kurang dingin adalah refrigrant tidak dapat mengalir ke dalam evaporator.

Refigrant tersebut mempunyai kemampuan penyerap panas dalam jumlah yang besar dan pada proses tersebut di sertai dengan perubahan wujud dari cair menjadi gas .dalam sistem AC mobil penggunaan zat pendingin biasanya R12 atau juga dikenal dengan CFC[fluorinated hydrocarbon].

Untuk kelebihan zat ini adalah mendidih pada suhu 29,8 derajad celcius dalam tekanan atmosfir,stabil dalam temperatur baik tinggi maupun rendah,tak menimbulkan reaksi terhadap logam,dapat tercampur dengan minyak,kurang bereaksi terhadap karet ,tak berwarna dan tak berbau.dalam kekurangannya dapat mempengaruhi penipisan ozon pada atmosfir bumi dengan menjaga radiasi sinar ultra violet darii matahari dan timbul efek rumah kaca

Post a Comment for "Komponen Komponen Utama Dalam AC atau yang Disebut Air Conditioner"